DLHK Depok: Setiap Hari Sampah Diolah, Hasilkan 500 Gram Pupuk

0
845

www.depoktren.com–Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok memiliki 31 Unit Pengolahan Sampah (UPS) yang aktif mengolah sampah organik menjadi pupuk kompos. Satu UPS bisa mengolah dua ton sampah organik dalam sehari dan menghasilkan 500 kilogram pupuk organik.

“Pupuk itu dapat dimanfaatkan masyarakat yang membutuhkan. Gratis, dengan syarat ditukar dengan sampah organik,” ujar Kabid Kebersihan DLHK Depok, Iyay Gumilar, Senin (1/10/2018).

Diutarakan Iyay, masyarakat bisa memanfaatkan pupuk yang dihasilkan dari UPS dengan syaratnya, membawa KTP Depok dan sampah organik.

“Selain disediakan untuk masyarakat, pupuk organik juga digunakan untuk pupuk tanaman hias di sejumlah taman di Kota Depok,” terangnya.

Menurut Iyay, program pengolahan sampah organik ini, sudah dilakukan sejak 10 tahun yang lalu dan terus dikembangkan. Bahkan, kini pemilahan sampah organik tidak hanya dilakukan di UPS, melainkan juga di lakukan di UPS pasar tradisional dan tingkat RW.

“Beberapa pasar dan masyarakat sudah melakukan pengolahan sampah. Sosialisasi akan terus kita lakukan agar seluruh masyarakat bisa mengolah sampah rumah tangganya secara mandiri dan tidak dibuang begitu saja ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung,” harap Iyay. (Aris)

 846 total views

LEAVE A REPLY