Edukasi Stop Kekerasan Pada Anak Melalui Dongeng

0
33

www.depoktren.com–Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kelurahan Tanah Baru, Frina Shaurin, cukup aktif memberikan edukasi kepada anak-anak agar tidak menjadi korban kekerasan. Bahkan, dia mengedukasi materi Stop Kekerasan Pada Anak (SKPA) melalui cara yang menyenangkan yaitu melalui media dongeng.

Kegiatan mendongeng tersebut, diberikannya saat acara Pesantren Kilat Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) Kelurahan Tanah Baru di Masjid Syuhada, Beji Permai, belum lama ini. Menurutnya, pemahaman tentang SKPA harus terus dilakukan untuk menstimulus pikiran anak-anak.

“Memberikan pengetahuan yang paling efektif kepada anak-anak melalui dongeng. Meskipun saya masih sedikit gugup mendongeng menggunakan boneka, saya terus membiasakan diri dan berlatih,” ujar Frina, Senin (20/5/2019).

Dia menjelaskan, upaya apapun dilakukan pihaknya untuk melindungi anak-anak. Terlebih, kekerasan terhadap anak merupakan salah satu masalah yang membutuhkan perhatian serius.

“Ini untuk mewujudkan wilayah yang layak dan ramah anak. Kita perkuat anak-anak, agar dapat menjaga diri dengan melihat keefektifan penyampaian pemahaman. Misalnya, pada anak usia 7-12 tahun dengan mendongeng,” jelasnya.

Ketua Bina Keluarga Remaja (BKR) Kelurahan Tanah Baru, Dewi Rahmawati mengatakan, sesi dongeng merupakan salah satu rangkaian acara Pesantren Kilat PIK-R Kelurahan Tanah Baru. Rencananya, pesantren kilat juga akan digelar kembali di Majid Syuhada pada 25-26 Mei 2019.

“Selain kegiatan mendongeng, akan ada perlombaan azan, hafalan surat pendek, dan MTQ. Ditambah dengan kegiatan mendongeng dari Universitas Indonesia (UI), nonton film edukasi, pembagian takjil, serta buka puasa bersama,” tutur Dewi. (Siska Thresia)

33 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY