Jimly Asshiddiqie Diperkirakan Lolos DPD RI

0
33

www.depoktren.com–Ketua Umum ICMI Jimly Asshiddiqie diperkirakan lolos jadi senator Dewan Perwakilan Rakyat (DPD) RI. Bahkan, Jimly meraih suara terbanyak dari daerah pemilihan (Dapil) DKI Jakarta. Keterwakilan DPD RI dari DKI Jakarta sebanyak 4 orang.

Perkiraan Hasil Rapat Pleno KPU DKI Jakarta untuk Rekapitulasi Suara DPD RI, Jimly Asshiddiqien meraih 644.063 suara, Sabam Sirait meraih 626.336 suara, Fahira Idris meraih 581.108 suara dan Sylviana Murni meraih 455.014 suara.

Meski Jimly merupakan wajah baru di DPD RI, namu publik menggadang-gadang, Mantan Ketua MK itu dianggap layak memimpin Lembaga DPD periode 2019-2024.

“Masyarakat menilai Jimly sangat memiliki peluang besar untuk memimpin lembaga DPD RI periode mendatang,” ujar Pengamat Politik Ray Rangkuti melalui keterangan tertulis, Senin (13/5/2019).

Ray mengatakan, Jimly memiliki kesempatan yang terbuka untuk dipilih di internal anggota DPD sendiri nantinya, sebagai Ketua DPD mendatang. Sebab selama ini, Jimly sudah memiliki track record sangat panjang sebagai Ahli Hukum Tata Negara. Dan memiliki sederat prestasi sepanjang kariernya. Seperti pernah memimpin Lembaga MK, DKPP, ICMI, Dewan Pakar di sejumlah instusi.

“Kalau tolak ukurnya untuk menjadi Ketua DPD RI itu prestasi, kemampuan akedemi, keahlian di bidangnya, kecakapan, etitut, kenegarawanan dan sebagainya, itu semua ada di sosok Jimly. Sehingga jelas, peluang Jimly sangat besar terpilih sebagai Pimpinan DPD RI,” tegas Ray.

Menurut Ray, dalam beberapa dekade belakangan ini, lembaga DPD RI masih menim prestasi. Bahkan sering kali dipertanyakan masyarakat, apa saja yang sudah di perbuat dan di hasilkan DPD Selama ini. Sehingga perlu adanya pembenahan yang maksimal terkait keberadaan dan fungsi lembaga DPD RI ke depannya.

“Nah, kehadiran Jimly di DPD ini jelas, akan memberikan warna tersendiri pada masa baksi DPD 5 tahun kedepan. Masyarakat jelas berharap, Jimly bisa membawa DPD lebih baik lagi, baik secara kehadirannya maupun kinerjanya. Sehingga lembaga DPD kedepannya terlebih lebih produktif,” tutur dia. (Papi Ipul/Rus)

33 total views, 2 views today

LEAVE A REPLY