ESDM Sedang Lakukan Penyaluran Gas Elpiji 3 Kg Tepat Sasaran

0
45

www.depoktren.com–Kementerian ESDM dan TNP2K sedang melakukan penyaluran elpiji tiga kilogram melalui mekanisme tertutup. Menanggapi hal tersebut, Pertamina menunggu hasil dari uji coba tersebut untuk kemudian diterapkan secara masal.

Direktur Marketing Retail Pertamina, Mas’ud Hamid menjelaskan bahwa saat ini Pertamina masih menunggu keputusan pemerintah. Hanya saja jika berbicara konsep penyaluran elpiji subsidi agar tepat sasaran, Mas’ud mengatakan Pertamina saat ini juga sedang bebenah untuk mengatasi distribusi ini.

“Kami juga sedang merumuskan beberapa cara. Tapi kalau soal nanti mekanismenya seperti apa apakah uji coba yang sekarang itu mau dilanjutkan atau bagaimana. Kami ikut saja arahan pemerintah,” ujar Mas’ud di DPR, Selasa (14/5/2019).

Mas’ud menjelaskan Pertamina saat ini sedang mendevelop program bekerja sama dengan Link Aja. Nantinya untuk bisa membeli elpiji subsidi, para masyarakat penerima manfaat bisa melakukan scan QR Code sehingga Pertamina dan Pemerintah mempunyai data valid siapa pembeli elpiji subsidi tersebut.

“Nanti, kedepannya, kedepannya semoga di akhor tahun saya mau pakai aplikasi Link AJA ntuk pangkalan. jadi setiap beli 3 kg bisa scan QR code. tapi ini masih lama saya masih kordinasi sama link aja,” ujar Mas’ud.

Sedangkan untuk tata kelola niaga gas, Mas’ud mengatakan saat ini pihaknya sedang memberlakukan satu desa satu pangkalan. Hal tersebut diharapkan bisa menjamin pemerataan penyaluran elpiji.

“Jadi kami itu ada konsep, satu desa itu harus ada satu outlet,” ujar Mas’ud.

Mas’ud menjelaskan hal ini dilakukan selain untuk mengantisipasi kelangkaan juga untuk bisa meratakan distribusi sehingga semua desa mendapatkan suplai yang cukup. “Biar nggak ada desa yang nhgak ada outlet. Dan supaya tidak ada dominasi Kalau mendominasi kan kalau dia nggak jualan, ada yang kolaps. Nah ini biar pemerataan distribusi. Secara volume sih nggak nambah,” ujar Mas’ud.

Ia menjelaskan sebenarnya selama ini jumlah outlet atau pangkalan elpiji yang ada jumlahnya 165 ribu pangkalan. Hanya saja, pangkalan ini tidak menyebar secara merata sehingga kerap terjadi keluhan di satu desa tidak ada elpiji tiga kilogram, sedangkan di desa sebelah berlimpah. (Siska Thresia)

45 total views, 2 views today

LEAVE A REPLY