Ponpes Baitul Hikmah Gelar Acara Tasyakkur Wal Wada

0
62

www.depoktren.com–Pondok Pesantren Baitul Hikmah menggelar acara Pelepasan Santri atau Tasyakkur Wal Wada Kelas IX SMP Terpadu Baitul Hikmah. Puluhan santri mengikuti acara dengan penuh khidmad.

“Kita ingin memadukan ilmu kauniyah dan syariah, Empirisme dan Rasionalisme, memadukam ilmu umum dan dzikir,” ujar Pengasuh Ponpes Baitul Hikmah KH. Dr. Hamdan Rasyid, Bojongsari, Kota Depok, Sabtu (11/5/2019).

Menurutnya, para santri selama mondok tiga tahun ditempa dengan pendidikan agama dan umum. Menurutnya, para santri tidak hanya belajar dan berfikir, namun juga dzikir.

“Mereka ini setiap harinya rutin mengerjakan sholat tahajud dan paginya sholat dhuha. Kita berharap anak-anak lulusan Pesantren menjadi penyejuk hati bagi orang tuanya. Karena, bisa mendoakan orang tuanya yang telah meninggal,” paparnya.

Sekretaris Yayasan Ponpes Baitul Hikmah Mohammad Hasan Habibi mengungkapkan ciri khas Pesantren adalah perpaduan antara teknologi dan agama. Ia menambahkan, mengimplementasi teknologi dalam proses pendidikan seperti menggunakan media belajar audio visual.

“Santri belajar desain grafis dan audio visual. Karena dua hal itu dekat dengan anak sekarang yang dijadikan sebagai kebutuhan syiar dan dakwah. Disamping memperkuat penguasaan kajian kitab kuning seperti: fiqih, nahwu, shorof, tauhid dan lainnya,” tutur dia.

Sedikitnya terdapat 160 santri yang mukim dari Jabodetabek dan lainnya. Seperti pada umumnya pesantren terdapat program diniyah. (Aan Humaidi)

62 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY