Gabus Pucung Usaha Kuliner Berdayakan Produk Lokal

0
64

www.depoktren.com–Bagi Warga Depok siapa yang tidak kenal dengan kuliner gabus pucung. Masakan ikan gabus yang diolah dengan pucung atau kluwek. Ikan gabus yang memiliki daging tebal dimasak dengan resep khusus, jadilah menu andalan di rumah makan Gabus Pucung milik H. Acep Azhari yang siap menggoyang lidah dan citarasa khusus bagi penikmatnya.

“Ikan gabus itu susah didapatkan. Karena tidak bisa dibudidayakan seperti ikan ternak lainnya,” ujar pemilik rumah makan Gabus Pucung yang bercirikhas budaya Betawi ini.

Menurutnya, persediaan ikan gabus sebagai bahan menu andalannya selalu tersedia. Pasalnya, dirinya bekerjasama dengan 11 komunitas para pemancing atau pencari ikan gabus.

“Kalau ikan gabus itu mencarinya di sungai, rawa, kubangan bekas bangunan dan lainnya. Untungnya, kita bekerjasama atau berdayakan para komunitas lokal. Jadi, kita coba saling menguntungkan dalam bisnis,” paparnya.

Pemilik sejumlah sekolah ini mengungkapkan, dalam berwirausaha diperlukan kreativitas dan inovasi baru. Salah satunya, dengan memberdayakan produk lokal. “Antara pendidikan dan UMKM itu ada benang merahnya. Bagi saya pendidikan dan interpreunership memiliki hubungan yang erat dan saling mengisi,” jelasnya.

Dirinya juga membina salah satu produk minuman air mineral kemasan produk Depok. Ia mengaku bangga bisa melahirkan seorang wirausaha atau pengusaha air mineral. (Aan Humaidi)

64 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY