Wow di Depok Ada 80 Bayi Alami Gizi Buruk

0
30

www.depoktren.com–Data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, mengungkapkan, sejak Maret 2018 hingga Maret 2019 tercatat ada 80 balita terjangkit gizi buruk. “Selama setahun ini ada 80 balita di Depok yang mengalami gizi burik. Semuanya sudah kami ambil tindakan medis. Bayi AT juga sudah ditangani perawatan di RSUD Depok,” ungkap Kepala Dinkes Kota Depok, Novarita.

Menurut Novarita, kasus gizi buruk terhadap balita masih menjadi masalah kesehatan di Kota Depok. Kasus gizi buruk umumnya disertai dengan penyakit seperti diare, ISPA, Tuberkulosis (TB), HIV, maupun gangguan pertumbuhan.

“Ini menjadi perhatian penuh bagi Dinkes Kota Depok dalam memberantas kasus gizi buruk. Dinkes Kota Depok sangat komperhensif dalam penanganan gizi buruk yakni memaksimalkan kinerja kader-kader posyandu untuk memantau melalui timbangan berat badan dan tinggi badan dan memberikan data balita yang mengalami gizi buruk kepada tim Tenaga Pelaksana Gizi (TPG),” paparnya.

RSUD Kota Depok saat ini sedang melakukan perawatan intensif di ruang isolasi terhadap bayi perempuan berusia 14 bulan, AT yang mengalami gizi buruk.

“Iya, bayi AT sedang dirawat di ruang isolasi anak sejak 16 April. Bayi AT mengalami gizi buruk,” ujar Humas RSUD Kota Depok, Setya Hadi di RSUD Depok, Rabu (24/4/2019).

Hadi menambahkan, bayi AT mengalami malnutrisi (gizi buruk) dan juga mengidap berbagai macam penyakit, seperti paru-paru. “Saat ini masih dalam proses penanganan tim medis, diantaranya dokter anak dan tim gizi. Sedangkan untuk pembiayaan maupun administrasi penanganan, sudah ditanggung oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dengan menggunakan bantuan sosial atau bansos untuk warga miskin,” jelasnya.

Kondisi Bayi AT cukup memprihatinkan, kurus kering dengan berat hanya 5,9 kilogram dan hanya terbaring lemah saat pertama kali ditemukan warga di rumah yang tak layak huni di kawasan RT 3/12, Kelurahan Beji, Kecamatan Beji, Depok. (Papi Ipul)

30 total views, 2 views today

LEAVE A REPLY