Bidan Puskesmas Panmas Ciptakan Alat Pendeteksi Resiko Kehamilan

0
58

www.depoktren.com–Upaya meningkatkan kualitas ibu hamil dan kesehatan bayi baru lahir terus dilakukan sejumlah tenaga kesehatan. Salah satunya bidan di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pancoran Mas (Panmas), Piya Siania yang menciptakan inovasi yang dinamakan Saderek (Skoring Awal Deteksi Risiko Kehamilan).

Menurut Piya, inovasi yang dibuat tersebut dimaksud untuk memudahkan para kader maupun masyarakat untuk dapat mengetahui risiko kehamilan. Dengan begitu, nantinya dapat melakukan berbagai langkah saat proses melahirkan berlangsung.

“Tools yang saya buat ini dapat digunakan langsung oleh kader maupun ibu hamil untuk melihat risiko kehamilannya. Risiko ini dibagi kategori rendah, tinggi, maupun sangat tinggi agar mereka bisa tahu dapat lahiran dimana,” tuturnya, Sabtu(20/4/2019).

Dia menambahkan, melalui Saderek, ibu hamil dapat melihat lingkaran risiko kehamilannya. Dari hasil pemeriksaan, jika berada pada warna hijau maka berisiko rendah dan dapat melahirkan di bidan praktik mandiri.

Sedangkan, jika berada pada lingkaran warna kuning dikategorikan risiko tinggi dan harus melahirkan di bidan Puskesmas maupun dokter. Lalu, jika berada di lingkaran merah maka berisiko sangat tinggi dan penangannya harus ke dokter obgyn di rumah sakit.

Adapun untuk mengetahui tingkat risiko tersebut, ibu hamil diperiksa berapa besar lingkaran lengan atas (LILA), jarak kelahiran, maupun riwayat kehamilan. Selain itu juga diperiksa turunan penyakit yang diderita ibu hamil maupun keluarganya.

Dalam hal ini, bidan Puskesmas Panmas tersebut telah melakukan ujicoba Saderek di tiga RW di Kecamatan Panmas. Adapun diantaranya RW 13, RW 19, dan RW 20.
“Sejak awal tahun sudah kami lakukan di ketiga RW itu karena wilayahnya padat penduduk dan memiliki permasalahan cukup banyak,” terangnya.

Piya mengutarakan, melalui inovasi yang dilakukan diharapkan dapat menurunkan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB) di Kota Depok. Dengan begitu, tingkat kesehatan ibu dan bayi dapat terus meningkat. (Sisca Thresia)

58 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY