Puluhan Warga Ikuti Pelatihan Literasi Digital

0
12

www.depoktren.com–Puluhan warga Depok hari ini mengikuti Pelatihan Literasi Digital (PLD) dengan narasumber Dosen Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Gun Gun Heryanto.

Kegiatan yang diinisiasi Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) Wilayah Depok tersebut, bertujuan untuk memberikan edukasi sekaligus mengajak masyarakat menjadi bagian dari upaya memerangi informasi bohong (hoaks).

“Saat ini banyak sekali hoaks yang bertebaran di media sosial. Sayangnya tidak semua orang mau mengonfirmasi informasi tersebut. Kami ingin meningkatkan kesadaran warga untuk lebih peduli akan bahaya hoaks,” kata Koordinator Mafindo Wilayah Depok, Rusti Margani di Hotel Bumi Wiyata Depok, Sabtu (13/4/2019).

Apalagi di tahun politik 2019, kata Rusti, sering kali masyarakat tidak peduli dengan benar atau salahnya informasi apabila sudah terkait pasangan calon (paslon) pilihan mereka. Termasuk, dengan tergesa-gesa membagikan informasi negatif, ketika berkaitan dengan lawan pilihannya.

“Mudah-mudahan dengan pelatihan ini, peserta bisa memanfaatkan media sosial dengan baik dan positif,” harap dia.

Sementara itu, dalam pemaparannya, Gun Gun menjelaskan tentang demokrasi dan literasi politik di ruang digital. Menurutnya, tujuan dari literasi politik di antaranya, warga memiliki kemampuan untuk mendefinisikan kebutuhan terhadap informasi politik.

“Selain itu, warga juga terlibat dalam gerakan mengomunikasikan informasi politik, kalau saat ini konteksnya bisa terkait Pemilu. Literasi politik, juga menjadikan warga bisa mengevaluasi proses Pemilu,” jelasnya. (Wahyu Gondrong)

12 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY