PKK Limo Juara Lomba Cipta Menu B2SA

0
20

www.depoktren.com–Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kecamatan Limo berhasil unggul dalam Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA) yang digagas Pemerintah Kota (Pemkot) Depok. Dalam lomba ini, Kecamatan Limo menjadi juara pertama berkat olahan buah sukun sebagai pengganti beras.

Koordinator TP PKK Kecamatan Limo, Ragil Doso Sudarmi mengatakan, pihaknya berupaya menciptakan olahan makanan pengganti nasi. Timnya sengaja memilih sukun bukan hanya karena enak, namun bermanfaat dan memiliki banyak gizi.

“Alhamdulillah bisa menang, kami pilih sukun. Selain buahnya asli Indonesia, dapat ditemukan di mana saja dan enak dibuat olahan makanan yang bisa dimakan untuk sarapan dan makan malam,” ujar Ragil, Jumat (12/4/2019).

Menurut Ragil, tema makanan yang dibuat untuk mendukung ketahanan pangan di Kota Depok. Dengan memanfaatkan bahan lokal yang memiliki nilai gizi dan kandungan yang sama.

“Makan pagi kita buat bacang pakai buah sukun. Pendampingnya sayuran dan buah lokal seperti belimbing. Makan siang kami buat ubi jalar warna warni pengganti nasi dengan lauk ikan gabus, kemudian makan malamnya kami buat sukun bakar seperti nasi bakar berisi ikan cakalang yang memiliki gizi tinggi,” tuturnya.

Corporate Executive Chef Hotel Santika Depok, Dendi Haryadi menambahkan, kegiatan Lomba Menu B2SA yang dilakukan sangat positif agar masyarakat tidak terlalu bergantung pada beras. Menurutnya, masyarakat kini harus dapat mengonsumsi makanan yang bergizi tinggi sesuai standar kesehatan.

“Stigma makan harus kenyang, harus dihilangkan. Gizi itu penting, saya menilai semua ibu PKK ini semangat. Ke depan, baik rasa dan tampilan harus terus dikembangkan,” terangnya.

Perlu diketahui, TP PKK Limo berhasil meraih nilai 88.31 dalam Lomba Cipta Menu B2SA. Dengan perolehan itu, TP PKK Kecamatan Limo meraih juara pertama disusul TP PKK Kecamatan Cipayung sebagai juara kedua dengan nilai 87.45 dan TP PKK Cilodong dengan nilai 85.36 menempati juara ketiga. (Sisca Thresia)

20 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY