Pelaku IKM di Depok Difasilitasi Sertifikat Halal dan HAKI

0
13

www.depoktren.com–Sebanyak 30 pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Kota Depok akan difasilitasi legalitas produk berupa pembuatan sertifikat halal dan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI). Fasilitas yang diinisiasi Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Depok tersebut, guna meningkatkan daya saing produk IKM di era 4.0.

Kepala Bidang Perdagangan Disdagin Kota Depok, Martinho Vaz mengatakan, fasilitas legalitas produk rutin dilakukan setiap tahun. Pada 2019 fasilitas sertifikat halal diberikan untuk 20 IKM dan sertifikat HAKI sebanyak 10 IKM.

“Kemarin sudah kita berikan sosialisasi terkait halal dan HAKI, dengan menghadirkan narasumber dari MUI Jawa Barat dan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) bidang HAKI terkait dengan berbagai persyaratan dan pentingnya legalitas produk,” ujar Martin, di Balai Kota Depok, Rabu (10/4/2019).

Menurut Martin, setelah sosialisasi tersebut, tahapan selanjutnya adalah verifikasi administrasi. Yaitu berupa pengumpulan berkas dari pelaku IKM sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan. Misalnya untuk yang bergerak di bidang kuliner sudah memiliki sertifikat Pelatihan Keamanan Pangan (PKP) dan Pangan Industri Rumah Tangga (P-IRT) dari Dinas Kesehatan.

Untuk pembuatan sertifikat halal syaratnya berupa KTP, sertifikat PKP dan P-IRT. Sementara untuk HAKI selain KTP juga sampel merek yang ingin dipatenkan. “Setelah seluruh berkas lengkap, baru kita usulkan ke MUI dan Kemenkumham untuk diverifikasi,” terang Martin.

Dia menambahkan, IKM yang difasilitasi terdiri dari berbagai bidang usaha. Mulai dari kerajinan (craft), fashion, dan kuliner. “Kita hanya fasilitasi pelaku IKM Depok, serta sudah memiliki sertifikat PKP dan P-IRT,” pungkasnya. (Papi Ipul)

13 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY