PDAM Depok Terapkan Sytem GIS untuk Layanan Pelanggan

0
64

www.depoktren.com–Sebagai wujud peningkatan pelayanan kepada masyarakat Kota Depok, pada 2019 ini PDAM Tirta Asasta Kota Depok telah mengembangkan Geographic Information System (GIS) yang menampilkan data pelanggan terdaftar.

“GIS adalah sistem komputer yang memiliki kemampuan untuk membangun, menyimpan, mengelola dan menampilkan informasi berefrensi geografis, misalnya data yang diidentifikasi menurut lokasinya, dalam sebuah database dan bisa di klik atau bersumber dari wikipedia,” kata Manajer Pemasaran PDAM Kota Depok, Imas Dyah Pitaloka, Rabu (3/4/2019).

Imas menambahkan, penerapan GIS pada pemetaan jaringan pipa telah selesai dilaksanakan pada 2018. Kini untuk mengetahui wilayah mana saja yang telah terlewati jaringan pipa PDAM, cukup membuka aplikasi GIS tersebut.

“Digitasi pemetaan jaringan pipa untuk seluruh jaringan pipa PDAM yang berada di Depok telah 100% selesai,” tegas Imas yang didampingi Manajer Teknologi Informasi
Asep Wardana.

Melanjutkan perkembangan GIS di tahum 2018, di tahun 2019 ini digitasi data pelanggan telah dimulai. “Untuk tahap awal, Area Cimanggis akan menjadi fokus pelaksanaan pemetaan data pelanggan,” jelas Imas.

Untuk kedepannya, perkembangan GIS di PDAM Tirta Asasta Kota Depok tidak berhenti sampai di pendataan pelanggan. Hal selanjutnya yang akan dikembangkan adalah data status pelanggan, dimana status pelanggan yang aktif, di segel atau putus dapat dilihat melalui GIS.

“Tampilannya seperti peta satelit, dimana jaringan pipa dan lokasi pelanggan dapat diketahui cukup dengan membuka aplikasi GIS saja,” tukas Imas kepada depoktren. (Wahyu Gondrong)

64 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY