Golok 4 Meter Bakal Diarak Keliling Depok

0
322

www.depoktren.com–Senjata khas Betawi Depok, golok atau bendo, bakal dipajang di Festival Kemang, Jakarta, pada 27-28 April mendatang.

Yang menarik, golok yang satu ini memiliki keunikan, yaitu panjangnya 4 meter dan berbobot sekitar 200 kg. Untuk memindahkannya saja harus melibatkan sedikitnya 8 orang.

Menurut si pembuatnya, Matrojih, seusai dipamerkan di Festival Kemang, selanjutnya golok tersebut akan dipajang di Rumah Betawi, Setu Babakan, Jakarta Selatan.

“Golok ini mempersatukan masyarakat Depok dan Jakarta. Yang bikin orang Depok, yang memamerkan orang Jakarta,” kata Matrojih kepada depoktren.com di sanggar seni tradisional Jalan Tangan Betawi Muda (JTBM) yang berlokasi di Kp Utan, Rt 02/06, Kelurahan Krukut, Kecamatan Limo, Senin (1/4/2019).

Diakui Matrojih, sejak 1987 bergelut sebagai perajin senjata khas Betawi, baru kali ini dirinya membuat mata golok panjang, termasuk gagang dan godongnya yang terbuat dari kayu sono kembang. Kayu tersebut didatangkan dari Mauk, Tangerang.

“Udah ratusan golok saya bikin, tapi baru sekarang ngebikin golok panjang,” kata pria yang juga aktif di sanggar seni JTBM pimpinan Mardanih alias Danil.

Diapun mengaku sudah bergabung di barisan Kumpulan Orang Orang Depok (KOOD), serta dilibatkan dalam kepengurusan Jawara KOOD yang dikomando Sabeni Efendi.

“Saya seneng diajak gabung di KOOD, karena KOOD memiliki kepedulian besar terhadap pelestarian seni dan budaya. Kawan-kawan di KOOD juga menyenangkan, guyub dan kompak,” ujar Matrojih di hadapan Ketua Umum KOOD, H Ahmad Dahlan, yang menyempatkan diri melihat langsung keberadaan golok terpanjang tersebut.

Bakal Diarak
Dalam kunjungannya, Ahmad Dahlan didampingi Wakil Ketua Umum KOOD Syaiful Hidayat, Wakil Sekretaris Umum Amiruddin, Ketua KOOD Kecamatan Limo Husin Tohir, Ketua Jawara KOOD Sabeni Efendi, serta Lurah Krukut Achmad Subandi.

Dahlan mengaku bangga di Depok ada perajin senjata tradisional yang membuat golok ukuran besar dan panjang, terlebih yang membuatnya adalah anggota KOOD.

Diungkap Dahlan, keberadaan golok tersebut sudah diketahui oleh Walikota Depok, dan sebelum dipamerkan di Festival Kemang, pihak KOOD bakal mengaraknya keliling Depok.

“InsyaAllah pada 26 April, sehari sebelum HUT Depok, pak Walikota akan melepas arak-arakan golok tersebut. Dalam waktu dekat ini akan dibahas rute lintasannya,” kata Dahlan.

Secara khusus Dahlan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Matrojih, yang dinilainya telah mengharumkan nama Kota Depok dalam event bergengsi Festival Kemang, Jakarta.

“Kami atas nama keluarga besar KOOD mengucapkan terima kasih atas dedikasi bang Matrojih yang telah berkarya nyata untuk Kota Depok,” demikian Dahlan.(amr)

323 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY