Musrembang Depok, Rencananya Anggaran Kelurahan Alami Kenaikan

0
144

www.depoktren.com–Pemerintah Kota (Pemkot) Depok tengah merancang pembangunan yang bakal dilakukan di tahun 2020 lewat Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang).

Rencananya pagu anggaran kelurahan akan mengalami kenaikan sebesar Rp 2,75 miliar dibandingkan dengan alokasi yang diberikan sebelumnya untuk pembangunan infrastruktur dan non-infrastruktur (pemberdayaan masyarakat).

Menurut Kepala Bidang Program Pembangunan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Depok, Reni Siti Nuraeni, pagu anggaran kelurahan tahun 2020 tersebut naik dari sebelumnya sebesar Rp 2 miliar. Dana sebesar Rp 2,75 miliar berasal dari APBD Depok sebesar Rp 2,38 miliar dan Dana Alokasi Umum (DAU) tambahan sebesar Rp 370 juta.

“Untuk pembangunan infrastruktur berupa sarana prasarana (sarpras) kami berikan guidance dalam bentuk petunjuk teknis (juknis). Misalnya untuk pembangunan jalan lingkungan sudah ada ketentuan Satuan Analisa Belanja (SAB),” kata Reni, di Hotel Bumi Wiyata, Senin (14/1/2019).

Menurut Reni, untuk pemberdayaan masyarakat bisa dimasukkan program pemberdayaan kader di tiap wilayah. Lalu, pemberdayaan pemuda dengan berbagai pelatihan dan bimbingan teknis (Bintek) dan Training of Trainer (TOT) yang dapat diusulkan dalam Musrenbang di kelurahan.

“Di tahun 2020 dari pagu anggaran Rp 2, 75 miliar, sebesar Rp 1 miliar dapat dialokasikan untuk non-infrastruktur,” ucapnya.

Dia menambahkan, pembangunan infrastruktur yang diajukan tidak hanya berupa jalan lingkungan saja. Sebab, di dalam juknis tercantum untuk pembangunan jalan lingkungan dibatasi hanya dua titik saja. Selain itu, pembangunan jalan lingkungan yang akan diajukan juga harus dilengkapi drainase.

“Kalau yang khusus drainase harapannya untuk lokasi yang rawan banjir atau genangan,” pungkas Rani. (Wahyu Gondrong)

145 total views, 2 views today

LEAVE A REPLY