Puskesmas Cilodong Telah 93 Persen Mendata Keluarga Sehat

0
12

www.depoktren.com–Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Cilodong terus berupaya menyukseskan program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI). Hingga akhir Desember 2018, sebanyak 22.970 kepala keluarga (KK) yang telah didata atau mencapai 93 persen.

“Lewat PIS-PK, kita melakukan pendataan langsung ke setiap rumah warga sehingga memudahkan dalam mendeteksi berbagai masalah kesehatan di masyarakat. Bila ditemukan adanya masalah kesehatan, akan dilakukan intervensi berupa penyuluhan atau pengobatan,” ujar Kepala UPT Puskesmas Cilodong, Ambar Wijajanti, Jumat (11/1/2019).

Ambar, sapaanya, menjelaskan, dari hasil pendataan yang telah dilakukan tersebut, terdapat tiga indikator dari total 12 indikator yang paling rendah capaiannya. Di antaranya, hipertensi sebesar 16 persen, keluarga mengikuti program Keluarga Berencana (KB) sebesar 25 persen, dan merokok sebesar 35 persen.

“Tiga indikator terendah ini langsung kita intervensi dengan memberikan penyuluhan ke masyarakat untuk menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan berobat secara rutin ke Puskesmas,” katanya.

Dia menambahkan, pendataan tersebut akan terus dilakukan hingga akhir 2019 yang meliputi lima kelurahan di Kecamatan Cilodong yaitu, Kelurahan Cilodong, Kelurahan Kalibaru, Kelurahan Jatimulya, Kelurahan Kalimulya, dan Kelurahan Sukamaju.

“Mudah-mudahan dengan program tersebut, kasus-kasus yang selama ini tersembunyi di masyarakat dapat terdeteksi dan dapat diintervensi,” ucapnya. (Siska/Papi Ipul)

12 total views, 2 views today

LEAVE A REPLY