Menhub Berharap Pengguna Mobil dan Motor Beralih ke Transportasi Massal

0
20

www.depoktren.com–Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi berharap seluruh masyarakat penggguna mobil dan motor dapat beralih ke kendaraan umum. Hal itu sebagai salah satu solusi untuk mengatasi kemacetan.

“Saat ini, transportasi massal seperti kereta rel listrik (KRL) pelayanan meningkat terus serta nyaman dan aman. Bahkan, sekarang selain naik KRL dapat melanjutkan naik Bus Ttransjakarta atau moda lainnya,” ujar Budi didampingi Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, Dadang Wihana saat dialog dengan pengemudi ojek online di Stasiun Depok Baru, Sabtu (5/1/2019)

Terkait keluhan calon penumpang tentang masih penuhnya dan kerap terlambat jam pemberangkatan KRL di hari tertentu,  pihaknya berencana menambah kapasitas KRL dalam dua tahun mendatang.

“Paling tidak dari sebelumnya hanya 1,2 juta/hari nantinya dapat ditambah 2 juta/hari calon penumpang yang naik KRL apalagi akan diikuti dengan kehadiran headway,” jelasnya.

Budi menambahkan, pihaknya juga berharap para pengojek online jangan ngebut-ngebut.

“Nggak perlu ngebut atau kejar waktu yang penting selamat sampai tujuan, dan calon penumpang maupun pengemudi selamat dalam perjalanan,” harap Budi.

Menurut Budi, setiap berkendaraan, khususnya sepeda motor, yang memiliki resiko lebih besar dari kecelakaan di jalan raya,  harus menyiapkan diri, menjaga kesehatan serta melengkapi dengan peralatan yang semestinya seperti helm, sarung tangan, jaket, masker dan lainnya.

“Kecepatan harus diukur dengan baik, yang pasti gak boleh ngebut. Kita sadar dengan satu kecepatan yang kita minuntes kurangi kecepatan utamakan keselamatan,” terangnya.

Semua pengemudi motor apalagi pengemudi ojek online di sekitar Stasiun Depok Baru, sudah pinter semua serta canggih dalam mengendarai sepeda motor, tapi  kewaspadaan sangat diperlukan di jalan raya.

Kepadatan dan kemacetan lalu lintas yang terjadi di ruas jalan raya tentunya membawa resiko besar bagi pengendara motor, terlebih sekarang ini paling banyak anak muda yang mengendarai sepeda motor atau sekitar 70 persen anak muda menggunakan transportasi sepeda motor namun tentunya juga memiliki resiko yang besar di perjalanan. (Siska/Aris)

20 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY