Inilah Para Juara Babak Final Jawara UMKM BJB 2018 

0
22

www.depoktren.com–Babak final ajang Jawara UMKM 2018 yang diselenggarakan Bank BJB di Ciumbeuleuit, Kota Bandung, akhirnya menetapkan tiga pengusaha sebagai juara. Ketiga pengusaha ini dinilai memiliki bisnis yang kokoh fundamentalnya dan berpotensi untuk berkembang lebih jauh.

Pemenang pertama Jawara UMKM BJB 2018 diraih Misbakhul Huda dengan usaha tusuk sate berskala lokal dan ekspor asal Kabupaten Bogor. 

Pemenang kedua diraih Irma Karimah dengan usaha bebek Urwah asal Kota Tangerang dan pememang ketiga diraih Eka Ahmad Fauzi dengan usaha di bidang properti asal Kota Cimahi.

Acara yang dihelat hasil kerjasama Bank BJB dan Genpro ini diikuti oleh 900 orang pelaku usaha UMKM se-Jawa barat dan Banten.

“Semua finalis sebenarnya memiliki bisnis yang menarik dan prospektif. Semuanya berpotensi untuk sukses,” kata Panitia Jawara UMKM 2018, Kintoko dalam siaran pers yang diterima Republika, Ahad (30/12).

Menurut Kintoko, program ini berlangsung sejak awal 2018 . Dari total 900 peserta yang ikut lalu diseleksi dengan seksama masing-masing 11 besar di tiap seri-nya, untuk kemudian difinalkan dan diambil 58 besar.

Di tiap serinya panitia melakukan seleksi mendalam hingga diagnosa bisnis para peserta. Jenis usaha yang dijalankan para peserta pun beragam, mulai dari usaha laundry, catering, percetakan, butik muslimah hingga bengkel, dengan lama usaha mulai dari satu tahun. 

Para peserta di 58 besar lalu diberikan materi tentang pemahaman bisnis berupa, Bisnis Roadmap, Fundamental Bisnis, Business Plan Mastery dan Investor Marketing (Bankable). 

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan potensi para wirausaha untuk naik kelas dalam usahanya dengan pembinaan langsung yang intensif tentang materi dasar wirausaha dan materi dasar berkaitan dengan mindset bisnis para peserta. Selama perjalanan menuju final peserta mendapatkan mentoring bisnis dari para pakar untuk menginkubasi bisnisnya dan memetakan potensi untuk peningkatan usahanya,” Corporate Secretary Bank BJB. M. As’adi Budiman.

Rangkaian Jawara UMKM 2018 adalah sebagai berikut. Seri pertama diikuti oleh 100 peserta dimulai di Hotel Prime Park Kota Bandung yang melingkupi wilayah Bandung Raya dan Subang (Kota dan Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, Kab Sumedang, dan Kab Subang) pada awal tahun Januari 2018.

Seri kedua digelar di area Cirebon Raya meliputi wilayah Kota dan Kab Cirebon, Kab Majalengka, Kab. Indramayu, dan Kab. Kuningan diikuti 100 peserta diselenggarakan di Hotel Prima Cirebon tanggal 24-25 Januari 2018. 

Seri ketiga area Depok Raya meliputi wilayah Depok Raya dan DKI Jakarta di ikuti 100 peserta diselenggarakan di Hotel Santika Depok tanggal 14-15 Februari 2018. 

Seri ke-empat area Tasik Raya meliputi wilayah Tasikmalaya, Pangadaran, Ciamis, Banjar, Garut di ikuti 100 peserta di selenggarakan di Hotel Harmoni tanggal 28-01 Maret 2018. 

Seri kelima area Tangerang Raya meliputi wilayah Tangerang Raya, Tangerang Selatan, Kota dan Kabupaten Tangerang diselenggarakan pada tanggal 21-22 Maret 2018 diikuti 100 peserta di hotel ARA Serpong. 

Seri ke-enam area Sukabumi Raya meliputi Sukabumi, Cianjur, Kota Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, Cianjur diselenggarakan pada tanggal 4-5 April 2018 diikuti 100 peserta di hotel Maxone Sukabumi. 

Seri ketujuh area Karawang Raya meliputi Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Purwakarta diselenggarakan pada tanggal 18-19 April 2018 diikuti oleh 100 peserta di hotel Citra Grand Karawang. 

Seri kedelapan area Serang Raya meliputi Kota Serang, Kabupaten Serang, Kota Cilegon, Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang diselenggarakan pada tanggal 2-3 Mei 2018 diikuti oleh 100 peserta di hotel Le Semar Serang. 

Seri kesembilan area Bogor Raya meliputi Kota Bogor dan Kabupaten Bogor diselenggarakan 9-10 Mei 2018 di hotel Permata diikuti 100 peserta. (Adv/Siska)

22 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY