Nissan Berencana untuk Potong Produksi di 3 Pabrik di Cina

0
1372

www.depoktren.com–Nissan Motor Co berencana untuk memangkas produksi kendaraan di Cina sebanyak 30 ribu unit dalam beberapa bulan mendatang. Rencana pemangkasan produksi ini terjadi di tengah pergulatan produsen mobil dengan penurunan permintaan di pasar mobil terbesar di dunia itu.

Setelah Ford Motor Co dan Hyundai Motor Co, Nissan menjadi produsen mobil terbaru yang memangkas produksi di negara itu, di mana pertumbuhan ekonomi yang melambat dan perang dagang yang melumpuhkan dengan Amerika Serikat telah memukul penjualan kendaraan dalam beberapa bulan terakhir.

“Nissan berencana untuk memangkas produksi di Cina dengan total 30 ribu unit selama periode Desember-Februari dari rencana produksi awalnya,” kata sumber yang menolak disebutkan namanya karena rencana itu tidak dipublikasikan.

Para pembuat mobil menetapkan rencana awal tentang berapa banyak kendaraan yang akan diproduksi di masing-masing pabrik mereka. Rencana ini dapat dimodifikasi karena permintaan, masalah rantai pasokan, dan faktor lainnya. Tidak diketahui berapa banyak yang telah direncanakan Nissan untuk diproduksi dalam tiga bulan.

Produsen mobil menghasilkan hampir 400 ribu unit di negara itu selama periode tiga bulan yang berakhir Februari tahun ini. Periode ini mencakup dua bulan pertama tahun ini, ketika penjualan biasanya lambat menjelang liburan Tahun Baru Imlek.

Harian bisnis Nikkei Jepang melaporkan pada Kamis malam bahwa Nissan berencana untuk memotong produksi di tiga pabrik di Cina, termasuk satu di Dalian, di mana ia memproduksi model crossover SUV Qashqai dan Infiniti QX50 yang populer, dan di Zhengzhou, di mana ia membuat X-Trail SUV crossover, salah satu model terlarisnya, dan model merek Venucia.

Seorang juru bicara Nissan di Beijing menolak untuk mengomentari rencana produksi masa depan, seperti dikutip dari Reuters, Jumat (28/12/2018).

Cina adalah pasar terbesar kedua Nissan, terhitung sekitar seperempat dari penjualan kendaraan global tahunannya. Nissan menjual 1,5 juta kendaraan di Cina tahun lalu, dan awal tahun ini mengatakan pihaknya berencana untuk meningkatkan penjualan menjadi 2,6 juta unit pada tahun 2022, menjadikan Cina pasar terbesar dalam hal penjualan kendaraan.

Tetapi meningkatnya permintaan untuk mobil di Cina tampaknya telah berakhir, dengan catatan penurunan penjualan tahunan untuk pertama kalinya sejak setidaknya tahun 1990. Penjualan grup Nissan di Cina naik 3,9 persen pada Januari Periode-November, melambat dari lonjakan 12 persen setahun yang lalu.

Perlambatan di pasar utama terjadi pada saat produsen mobil Jepang itu bergulat dengan skandal yang melibatkan dugaan pelanggaran keuangan Carlos Ghosn, yang menyebabkan penangkapannya dan pemecatan berikutnya sebagai ketua, dan mempererat hubungan dengan mitra otomotif Prancis Renault SA. (Nanda)

 1,374 total views

LEAVE A REPLY