Berikut Kronologis Aksi Pembakaran Mapolsek Ciracas, Diduga Dilakukan oleh Ratusan Oknum TNI

0
325

www.depoktren.com-Telah tejadi pengrusakan dan pembakaran Mapolsek Ciracas, Jakarta Timur, Selasa (11/12/2018). Aksi tersebut diduga dilakukan oleh puluhan oknum anggota TNI yang merupakan aksi rembetan dari pengeroyokan yang dilakukan oleh puluhan preman terhadap dua anggota TNI di Cibubur.

Berikut Kronologisnya:

Pada hari Selasa 11 Desember 2018, sekira pukul 21.00 WIB, Personel TNI gabungan berpakaian sipil mendatangi Mapolsek Ciracas Jakarta Timur untuk meminta polisi mengusut dan menangkap pelaku pengroyokan terhadap 2 personel TNI berpakaian dinas di Cibubur.

Sehubungan hal tersebut dilaporkan sebagai berikut :

1.Pukul 21.00 s/d 21.30 WIB, sekitar 150 personil TNI dengan menggunakan sepeda motor mendatangi Polsek Ciracas dan menghadap Kapolsek untuk menangkap para pelaku pengroyokan rekan mereka (TNI) selanjutnya meninggalkan Mapolsek menuju Arundina Konvoi dengan kendaraan roda dua.

2. Pukul 22.10 WIB, Personel Gabungan TNI kembali mendatangi Mapolsek Ciracas dan berkumpul di depan Mapolsek untuk melaksanakan konsolidasi, kemudian salah satu personel intel TNI-AD mengaku sebagai Kapten Joko yang turut mendampingi Kapolsek Ciracas Kompol Agus W sempat turun tangan untuk menenangkan situasi yang semakin memanas.

3. Pukul 22.25 WIB Kapolres Jakarta Timur Kombes Pol Yoyon Toni Surya Saputra tiba di Polsek Ciracas.

4. Pukul 22.30 WIB, terjadi pertemuan didalam ruangan Kapolsek yang diwakili oleh Kapten Joko yang meminta polisi dapat menangkap pelaku maximal 2 hari.

5. Pukul 22.40 WIB Kapolres, Kapolsek dan Kapten Joko memberi arahan kepada personil TNI gabungan di lapangan apel Mapolsek Ciracas. Dan pada kesempatan tersebut, Kapolres menyampaiakan kepada personil Gabungan TNI akan berusaha menangkap pelaku dalam 2 Hari. Namun beberapa personel tersebut mulai menanggapi pernyataaan Kapolres secara provokatif dan membuat situasi semakin memanas dan tiba-tiba dari belakang kerumunan personil Gabungan TNI terprovokasi oleh adanya 2 orang sipil (laki-laki dan perempuan) yang diduga merekam kegiatan tersebut sehingga rekan mereka yang berada di luar Mapolsek mengamankan dan menganiaya korban namun korban sempat diselamatkan oleh personel POMAD dan dibawa masuk Kantor Polsek.

Adapun data Korban yang dianiaya:

1. Tumpal Manotha Sidabutar (sipil), Jalan Kenanga II No 35 Kalisari Jaktim, mengalami luka dibagian muka dan kepala.

2) Tivani Sulistya alamat kel. Kampung Gedong mengalami kekerasan fisik.

6. Sekira pukul 22.50 WIB, Pengendara roda dua yakni Kevin, alamat Jalan Alternatif Cibubur, Perumahan Taman Laguna Blok I no 62 Cibubur yang kebetulan melintas ditengah kerumunan personil TNI Gabungan di depan Mapolsek karena jalanya terhambat sehingga yang bersangkutan memainkan gasnya dan akhirnya menjadi korban aniaya, serta dirusak kendaraanya jenis Yamaha R6, motornya di bakar.

7. Pukul 22.58 WIB. P
Personel Gabungan TNI meninggalkan Mapolsek menuju ke Arudina dan memadati lalu lintas menuju Pasar Rebo.

8. 24.25 WIB, Personel Gabungan TNI datang kembali dan mulai bertindak anarkis merusak dan membakar fasilitas Mapolsek Ciracas dan kendaraan yang ada disekitarnya sehingga situasi makin tidak terkendali dan sebagian meninggalkan Mapolsek Ciracas.

9. Pukul 01.20 WIB, Pangdam Jaya dan Kapolda Metro Jaya tiba di Mapolsek Ciracas untuk menangani permaslahan.

10. Kerugian :
a) Jiwa : 2 orang sipil terluka (sementara masih pendataan)
b) Material :
-Mapolsek terbakar
-Kendaraan R2 dan 4 masih pendataan.

Laporan: Tim www.depoktren.com

325 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY