DKPPP Kembali Beri Dua Indukan Sapi Ke Petani

0
16

www.depoktren.com–Pengelolaan Sistem Integrasi Tanaman dan Ternak (SITT) yang berhasil dikembangkan Kelompok Tani (Poktan) Cimpaeun Jaya, Kecamatan Tapos, membuat Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPPP) Kota Depok kembali memberikan bantuan dua indukan sapi. Nantinya, keberhasilan Poktan tersebut akan dipersiapkan sebagai percontohan untuk petani lainnya di Kota Depok.

“Rencananya akhir bulan ini, kami akan berikan dua indukan sapi kepada Poktan Cimpaeun Jaya. Tahun lalu, kami juga sudah berikan indukan sapi. Sekarang kita berikan lagi untuk lebih dikembangkan. Karena nantinya Poktan ini menjadi percontohan Poktan lain untuk bisa mengelola SITT secara terpadu,” ujar  Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura DKPPP, Hermin Kusmiati, Sabtu, (8/12/2018).

Menurut Hermin, program SITT yang telah berjalan selama sekitar setahun terakhir ini telah menghasilkan keuntungan dan mampu meningkatkan ekonomi petani. Misalnya, hasil panen padi yang maksimal, karena menggunakan pupuk dari kotoran sapi yang dipelihara tersebut.

“Pertumbuhan padi jadi baik, karena menggunakan pupuk kompos hasil kotoran sapi. Selain itu, sapi juga menghasilkan anak dari Inseminasi Buatan (IB) yang disuntikkan ke indukan. Anakan sapi bisa dijual petani. Polanya akan terus berputar,” tuturnya.

Dia menambahkan dengan sistem ini, dirinya berharap produksi pertanian dan peternakan bisa saling mendukung untuk meningkatkan hasil yang maksimal. “Kami akan fokus pada Poktan ini, untuk pengembangan selanjutnya,” tandas dia. (Wahyu Gondrong)

16 total views, 2 views today

LEAVE A REPLY