876 Perusahaan di Depok Wajib Terapkan UMK 2019

0
11

www.depoktren.com–Penetapan Upah Minimum Kota (UMK) 2019 di Kota Depok sudah ditetapkan pada 21 November 2018 lalu oleh Gubernur Jawa Barat (Jabar), naik 8,03 persen. 

“Terhitung pada Januari 2019 sebanyak 876 perusahaan di Depok wajib menerapkan UMK,” kata Kepala UPTD Pengwas Ketenagakerjaan Wilayah I Bogor, Ma’mur Rizal di Depok, Kamis (6/12/2018).

Ma’mur menegaskan, per Januari 2019 para perusahaan harus sudah menerapkan UMK dengan penuh kesadaran dan mematuhi segala peraturan-peraruran yang ada. 

UMK yang sudah ditetapkan. Namun dalam pelaksanaan pengawasan kepada perusahaan yang tidak membayarkan upah sesuai UMK, dilakukan beberapa tahap. 

Pertama melakukan pemeriksaan dalam rangka pembinaan. Perusahaan bisa diberi kesempatan penangguhan sesuai SK Gubernur Jabar. 

Kedua, melakukan pemeriksaan dengan menerbitkan Nota Pemeriksaan (NP)  I. Perusahaan harus memenuhi ketentuan seauai UU no 13 Tahun  2003 dengan pasal 90. 

“Perusahaan dilarang membayarkan upah di bawah upah minimum. Apabila tidak melaksanakan mendapat ancaman sanksi pidana,” terang Ma’mur.

Dia melanjutkan, pasal 185, dikenakan sanksi pidana, dipenjara paling rendah satu tahun paling lama empat tahun, atau denda paling sedikit Rp 100 juta dan besar Rp 400 juta,” terang Ma’mur.

Ketiga, lanjut Ma’mur, apabila NP I tidak dipatuhi oleh perusahaan akan diterbitlan Nota Pemeriksaan II, untuk mengingatkan agar segera melaksanakan sesuai ketentuan. Keempat, apabila masih tetap tidak mematuhi dapat dilanjutkan pada proses hukum pidana. “Tentu akan ada pengawasan,” ucapnya. 

Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Depok, Diah Sadiah mengatakan, akan melakukan sosialisasi UMK yang sudah diputuskan Gubernur Jabar kepada 876 perusahaan di Depok yang sudah terlapor sejak 2016 lalu. “Meski sudah tahu semua perusahaan terkait kenaikan UMK, karena itu wajib diketahui,” tuntas Diah. (Wahyu Gondrong/Irwan)

11 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY