Dinkes Depok Ajak Masyarakat Lakukan Pencegahan DBD

0
11

www.depoktren.com–Upaya menanggulangi kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) terus dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok. Salah satu upaya yang dilakukan dengan memberikan pengertian dan mengajak masyarakat melakukan berbagai upaya pencegahan penyakit DBD.

Sekretaris Dinkes Kota Depok Ernawati mengatakan, pihaknya terus berkoordinasi dengan elemen terkait di wilayah untuk terus memberikan informasi kepada masyarakat dalam pencegahan DBD. Mengingat, hal tersebut perlu adanya sinergitas dari berbagai elemen tidak hanya dari masyarakat.

“Seluruhnya punya peran, termasuk juga para kader kesehatan di wilayah untuk terus mengingatkan masyarakat,” ujar Ernawati, Rabu (5/12/2018).

Menurut Ernawati, ada beberapa hal yang harus dilakukan dalam pencegahan kasus DBD. Diantaranya dengan melakukan pemeriksaan jentik berkala yang biasa dilakukan oleh kader kesehatan.

Selanjutnya, sambungnya, melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan menerapkan sistem 3M (menguras, menutup, dan mengubur). Kemudian, jika ditemui masyarakat yang menderita DBD segera melaporkan 1×24 jam ke puskesmas terdekat.

“Jika dalam satu wilayah ada yang terkena DBD akan segera dilakukan Pemantauan Epidemioligi (PE) untuk melihat sejauh mana penularan demam berdarah di wilayah bersangkuta. Selain, dapat dilihat kapan harus dilakukan fogging,” jelas Ernawati.

Dia menambahkan, dalam melaksanakan fogging tidak dapat dilakukan sewaktu-waktu. Karena, dikhawatirkan nyamuk akan kebal terhadap obat kimia tersebut. Maka, perlu dilakukan pemantauan secara intensif agar pemusnahan nyamuk dapat dilakukan secara optimal.

Terakhir, diharapkan masyarakat di Kota Depok dapat bersama memberantas DBD. Tentunya, dengan melakukan berbagai upaya yang sudah dianjurkan. Selain itu, masyarakat diminta tidak gegabah dalam meminta pihak lain untuk melakukan fogging tanpa izin dari puskesmas setempat. (Wahyu Gondrong)

11 total views, 3 views today

LEAVE A REPLY