Google Umumkan Layanan Baru, Google For Indonesia 2018

0
17

www.depoktren.com– Dalam acara tahunan Google for Indonesia yang ketiga, Google mengumumkan berbagai produk dan kemitraan untuk membantu warga Indonesia dalam ekonomi digital. Produk yang diluncurkan adalah Jobs on Google Search, Google Go, Asisten Google di Wizphone.

Google juga memiliki versi baru aplikasi Google Bisnisku dan fitur transit di Google Maps. Jobs on Google Search membantu para pencari kerja di Indonesia untuk menemukan dan mengikuti unggahan lowongan pekerjaan yang relevan. Sementara itu, Google Go merupakan aplikasi yang membantu pengguna menemukan konten-konten terbaik di Internet.

Selanjutnya, Wizphone adalah ponsel kelas menengah pertama buatan Indonesia yang sudah dilengkapi dengan Asisten Google. Selain itu, Google juga mengembangkan program pelatihan digital dan berbagai platformnya untuk membantu developer aplikasi usaha kecil serta pengusaha perempuan di Indonesia.

Managing Director Google Indonesia, Randy Jusuf mengumumkan Google telah melatih 10 ribu developer sejak 2016. Lebih dari 50 persen populasi Indonesia, kata Randy, saat ini memiliki akses internet.

Indonesia juga sedang dalam kondisi ekonomi digital yang berkembang pesat dan adanya kebangkitan startup tanah air. “Dengan demikian, negara ini sedang berancang-ancang untuk menjadi kekuatan digital yang besar,” ujar Randy, Selasa (4/12/2018).

Sementara itu turut hadir Product Management Director Google Search Kentaro Tokusei di acara tahunan Google for Indonesia yang ketiga. Ia mengungkapkan bagaimana fitur baru Google Search menawarkan akses informasi yang lebih mudah bagi warga Indonesia.

Google berkolaborasi dengan Wikipedia agar konten berbahasa Inggris dapat diakses bagi orang Indonesia. Sistem neural machine translation yang diberdayakan oleh AI  akan mengidentifikasi artikel Wikipedia berbahasa Inggris dan menerjemahkannya ke bahasa Indonesia. Artikel tersebut lalu akan muncul di Google Search.

Sedangkan, layanan Jobs on Google Search dapat digunakan dengan mengetikan kata kunci “lowongan pekerjaan”. Google Search akan menampilkan lowongan pekerjaan dari seluruh web dengan penggolongan berbagai kriteria, termasuk jenis pekerjaan, industri, atau kota.

Para pencari kerja juga bisa mendapatkan notifikasi tentang lowongan pekerjaan yang relevan. “Kami sudah membantu lebih dari 100 juta orang di berbagai negara untuk menemukan lowongan pekerjaan. Kami sangat optimistis akan dampaknya bagi Indonesia,” tandas Tokusei. (Supriyadi)

17 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY