Disdik Depok Ajak Tenaga Pendidik Tingkatkan Keterampilan Menulis

0
37

www.depoktren.com–Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok mengajak Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) meningkatkan keterampilan menulis di media massa.

Disdik juga telah menyediakan Majalah Pendidikan SOBAT, yang biasa dimanfaatkan para tenaga PTK sebagai media pembelajaran di bidang jurnalistik.

Kepala Disdik Kota Depok, Mohammad Thamrin mengatakan, majalah tersebut merupakan milik Forum Literasi Depok (FLD) yang berada di bawah Disdik Depok. Majalah yang baru diterbitkan Mei 2018 lalu, imbuhnya, untuk pertama kalinya telah menulis laporan utamanya bertajuk, Penguatan Karakter Melalui Kegiatan Lomba.

“Silakan bagi guru-guru di Kota Depok untuk mengirimkan tulisan-tulisannya ke FLD untuk dimuat di Majalah SOBAT. Di antaranya mengirimkan cerita tentang prestasi atau perkembangan pendidikan di sekolahnya,” ujar Thamrin di Balai Kota, Depok, Kamis (11/10/2018).

Dia berharap, dengan berbagai tulisan yang dikirimkan para PTK, membuat manfaat Majalah SOBAT bisa dirasakan secara lebih luas. Selain itu, kata Thamrin, kemampuan menulis ini dapat berkontribusi positif terhadap angka kredit, khususnya dari aspek Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).

Ketua FLD Listiwati menambahkan, pihaknya juga berencana merilis Jurnal Pendidikan, sebagai wadah bagi para PTK yang ingin mempublikasikan hasil penelitian. Di antaranya artikel tentang Penelitian Tindak Kelas (PTK), Penelitian Tindakan Sekolah (PTS), penelitian kualitatif, dan penelitian kuantitatif.

“Terkait tata cara penulis artikel dalam jurnal akan disampaikan dalam kegiatan workshop tersendiri. Saya berharap, dengan dukungan semuanya kegiatan literasi di Kota Depok bisa lebih baik lagi,” tandasnya. (Wahyu Gondrong)

37 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY