Warga Depok Diajak Manfaatkan Pekarangan Rumah

0
12

www.depoktren.com–Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok Farah Mulyati mengajak masyarakat untuk mengoptimalkan lahan maupun pekarangan rumah untuk dijadikan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Terlebih, KRPL bisa menguatkan fungsi ketahanan pangan dalam keluarga.

“KRPL telah dikembangkan lebih dari 16 ribu kelompok/desa se-Indonesia. Untuk Kota Depok sendiri sudah ada 67 KRPL yang masih aktif dan terus mempertahankan eksistensinya. Ini akan terus kami dorong untuk menguatkan fungsi ketahanan pangan,” ujar Farah, di ruang kerjanya, Selasa (9/10/18).

Farah menyebut, beberapa fungsi dari KRPL itu sendiri di antaranya membangun kemandirian pangan dan gizi keluarga, upaya peningkatan pendapatan keluarga dan masyarakat, ramah lingkungan dan mengurangi jejak karbon serta memanfaatkan barang bekas.

“KRPL sebagai langkah awal menguatkan ketahanan pangan. Cukup dimulai dari pekarangan rumah, maupun di berbagai tepi jalan sekitar rumah. Selain bisa dimanfaatkan sehari-hari, juga bisa menambah pendapatan warga yang menanam sayur,” katanya.

Dirinya berharap, program KRPL di Kota Depok bisa terus dikembangkan untuk mendukung program ketahanan pangan.

“Mudah-mudahan semakin banyak masyarakat yang sadar akan fungsi dari KRPL, untuk mendukung program ketahanan dan kemandirian pangan,” pungkasnya. (Aris)

12 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY