Puluhan Linmas Ikut Latihan Kesamaptaan

0
13

www.depoktren.com–Sebanyak 50 petugas Perlindungan Masyarakat (Linmas) mengikuti latihan kesamaptaan yang diadakan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Depok. Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Linmas, mengingat tantangan tugas pengamanan wilayah yang makin berat.

“Kegiatan ini dilaksanakan mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 84 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Perlindungan Masyarakat, di mana Satpol PP bersinergi dengan Linmas dalam menjamin keamanan wilayah. Karena itu, perlu adanya pengembangan SDM,” ujar Kepala Seksi Pengembangan Sumber Daya Satpol PP Kota Depok, Nelson Da Silva Gomes, di Lapangan Balai Kota Depok, Rabu (10/10/18).

Menurut Nelson, pelatihan kesamaptaan berlangsung selama tiga hari, dari 9–11 Oktober 2018 dengan menghadirkan pemateri dan pendamping yang mumpuni di bidangnya. Adapun materi yang disampaikan terkait deteksi dini bencana, kerawanan kejahatan serta pengamanan di wilayah.

“Kami bekerja sama dengan anggota Brimob untuk melakukan pendampingan terhadap Linmas. Selasa (09/10) diisi dengan materi, hari ini latihan baris berbaris sampai Kamis (11/10/2018),” tuturnya.

Dia berharap, melalui kegiatan ini, Linmas dapat meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bahaya yang ada di lingkungan masing-masing. Sehingga mampu meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan.

“Karena yang pertama tahu ada kejadian di wilayah adalah Linmas, yang nantinya diteruskan oleh Babin Kamtibmas. Mudah-mudahan melalui kegiatan ini, peran Linmas semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” pungkas Nelson. (Papi Ipul)

13 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY