Pemkot Depok Sudah Cukup Lama Abai dengan Situs Peninggalan Sejarah 

0
49

www.depoktren.com–Pemerintah Kota (Pemkot) Depok baru menetapkan Rumah Cimanggis sebagai cagar budaya melalui Keputusan Wali Kota bernomor 593/289/Kpts/Disporyata/Huk/2018, tanggal 24 September 2018 tentang Penetapan Bangunan Cagar Budaya Gedung Tinggi Rumah Cimanggis.

Penetapan Rumah Cimanggis sebagai cagar budaya dinilai cukup lama. Selama ini Pemkot Depok mengabaikan Rumah Cimanggis terbengkalai. Begitu juga dengan situs-situs peninggalan sejarah lainnya yang ada di Kota Depok,” ujar sejarawan, JJ Rizal saat dimintai komentarnya terkait penetapan Rumah Cimanggis sebagai cagar budaya, Selasa (9/10/2018).

Menurut Rizal, setelah ramai pemberitaan rencana pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) di lahan dimana terdapat Rumah Cimanggis baru Pemkot Depok peduli. 

“Saya berharap penetapan Rumah Cimanggis jadi cagar budaya dapat menjadi momentum Depok menjadi kota yang bersahabat dan beradab dengan situs sejarahnya,” harapnya.

Pemkot Depok harus memenuhi amanah UU Cagar Budaya Nomor 11 Tahun 2010 untuk melestarikan situs-situs sejarah yang ada di Kota Depok dari peringkat terdaftar di kantor Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sehingga mendapatkan kenaikan peringkat menjadi penetapan resmi sebagai Cagar Budaya tingkat kabupaten/kota. Hal itu, sesuai dengan amanah UU Cagar Budaya Pasal 44. “Harus segera diurus status situs-situs sejarah yang ada,” tukas Rizal. (Wahyu Gondrong/Rus)

49 total views, 2 views today

LEAVE A REPLY