Guru PAUD Dilatih Komputer

0
43

www.depoktren.com–Dosen dan mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) jurusan Teknik Elektro Prodi Teknik Telekomunikasi menggelar kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) di salah satu sekolah di Pancoran Mas.

“Ini merupakan pengabdian masyarakat tahun kedua dilaksanakan disini, sebelumnya pelatihan komputer sekarang pelatihan komputasi dasar menggunakan speed sheet dengan peserta 25 orang,” ujar Anik Candra Diati, Ketua Pelaksana PKM Prodi Teknik Telekomunikasi PNJ kepada Jurnal Depok, Senin (8/10/2018).

Anik mengatakan, peserta pelatihan merupakan guru PAUD se Kecamatan Pancoran Mas. Kegitan itu merupakan kerjasama dengan Himpaudi Kecamatan Pancoran Mas tahun kedua.

“Dari PNJ dosen 15 dengan mahasiswa sebanyak 15. Mahasiswa membantu dalam pelaksanaan pengajaran. Dosen mengajar dan memberikan pelatihan didampingi mahasiswa,” jelasnya.

Dia berharap, dengan pelatihan ini bisa membantu guru PAUD dalam melaksanakan tugas yang harus diselesaikan dalam proses belajar dan membuat laporan, karena semua sekarang sudsh sistem online.

“Materinya adalah pelatihan komputasi dasar menggunakan excel. Jadi misal, membuat laporan keuangan, membuat grafik, jadi nanti guru bisa mengetahui terkait anak didiknya melalui grafik,” harapnya.

Bendahara Himpaudi Kecamatan Panmas, Eli harianah merasa senang dengan adanya pelatihan tersebut.

“Ini pelatihan kedua, pertama sudah soal Word dan sedikit Excel. Berguna sekali untuk operator PAUD dan kepala PAUD. Sekarang harus dituntut IT, harus bisa karena pembuatan RPPH itu sudah dituntut diketik komputer. Data guru harus pakai itu. Kami harus kuasai Word dan Excel,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, ada 45 lembaga dan kurang lebih 250 guru PAUD di Kecamatan Pancoran Mas.

“Sangat membantu, semoga ada kelanjutannya, jadi yang belum dapat kesempatan bisa ikuti,” pungkas Eli. (Aris)

43 total views, 2 views today

LEAVE A REPLY