Orang Dewasa Juga Bisa Terkena Cacingan

0
17

www.depoktren.com–Kepala Puskesmas Ratujaya Frovira Brilyandini mengatakan, penyakit cacingan tidak mengenal batasan umur. Namun begitu, penyakit cacingan juga dapat dicegah dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta rutin mengonsumsi obat cacing enam bulan sekali.

“Selain menerapkan PHBS, masyarakat dianjurkan untuk minum obat cacing setahun dua kali atau dalam waktu enam bulan sekali. Ini juga berlaku untuk anak-anak dan dewasa,” ujar Frovira, di Balai Kota Depok, Minggu (7/10/18) lalu.

Menurut Frovira, sejauh ini di wilayah Ratujaya dan Pondok Jaya tidak ditemukan kasus kematian akibat penyakit cacingan. Jika terkena penyakit tersebut, seseorang bisa terganggu produktivitas dan terhambat pertumbuhan fisiknya. Sebab, cacing yang ada di dalam tubuh bisa mengambil nutrisi yang dibutuhkan.

“Adapun untuk dosis anak usia satu sampai dua tahun diberikan hanya setengah tablet kunyah. Untuk usia dua sampai 12 tahun diberikan dosisnya satu tablet kunyah,” terangnya.

Pemerintah dalam hal ini, lanjut Opi panggilan akrabnya, memfasilitasi minum obat cacing sekali dalam setahun. Kegiatan ini juga sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat, pentingnya mengonsumsi obat cacing secara rutin.

“Ini adalah bentuk pencegahan. Jikalau ada yang terkena penyakit ini, penderita harus rutin minum obat dalam jangka waktu tertentu. Sebelum kejadian, kami antisipasi dengan melakukan upaya preventif. Mudah-mudahan dapat mengurangi penderita cacingan di Kota Depok,” pungkasnya. (Nanda)

17 total views, 3 views today

LEAVE A REPLY