KCD Pertanyakan Pembangunan Dermaga di Bawah Jembatan Panus

0
346

www.depoktren.com–Komunitas Ciliwung Depok (KCD) mempertayakan recana bawah dibangun dermaga di bawah Jembatan Panus.

“Terkait akan dibangunnya dermaga di sempadan Ciliwung dekat kaki Jembatan Panus, muncul pertanyaan bagaimana proses pengkajian serta kordinasinya,” tanya pengurus KCD, Taufik DS, Ahad (7/10/2018)

Diutarakan Taufik, titik pembangunan dermaga menjadi tempat menumpuknya sampah. “Mari diamati, spot yang direncanakan itu adalah areal penumpukan sampah yg nyangkut pada kaki jembatan dan mengokupasi sempadan sungai. Nah, jika dermaga terbangun, namun tidak ada perawatan dan pemeliharaan maka dapat dipastikan sampah akan menumpuk yang dikhawatirkan dapat mengerus sepadan sungai,” jelasnya. 

Menurut Taufik, pihaknya mengkwatirkan pembangunan dermaga akan mubazir bahkan dapat merusak lingkungan sungai Ciliwung jika tidak diikuti dengan perawatan yang rutin dari Pemkot Depok. 

“Kabarnya Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) sebagai institusi pengawasan sungai Ciliwung tidak tahu rencana pembangunan dermaga tersebut. Nah, ini akan jadi masalah baru jika institusi pengawas saja tidak dilibatkan,” tuturnya.

Dia menghimbau Pemkot Depok mengkaji ulang proyek pembangunan dermaga tersebut. “Kami mengusulkan agar anggaran peruntukannya dialokasikan untuk pembebasan sempadan Ciliwung di sisi kiri-kanan sungai dari jembatan Panus hingga jembatan baru yang semakin dirambah pembangunan perumahan,” harap Taufik.

Dia menambahkan, mungkin dengan cara pembangunan sepadan sungai Ciliwung itu, akan menyelamatkan wilayah konservasi sungai setempat dan bertambahnya pencapaian target ruang terbuka hijau (RTH) Depok yang bernuansa wisata sejarah.

“Adapun jika perlu dermaga, ada sisi sungai yang cukup landai dan mengandung batu cadas yang ideal lagi alami untuk pendaratan perahu dan rekreasi air, jadi sebaiknya pembangunan dermaga jangan dibawah Jembatan Panus,” pungkas Taufik. (Wahyu Gondrong/Rus)

346 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY