Puskesmas Ratujaya Targetkan Beri Obat Cacing ke 11.136 Anak

0
53

www.depoktren.com–Puskesmas Ratujaya berencana melakukan pemberian obat cacing ke sebanyak 11.136 anak. Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM) itu dilakukan untuk mencegah penyakit cacingan pada anak itu akan dilaksanakan hingga 30 Oktober 2018.

“Target kami sebanyak 11.136 anak akan diberi obat cacing,” kata Kepala Puskesmas Ratujaya, Frovira Brilyandini, Sabtu (5/10/2018).

Menurut Frovira, kegiatan POPM merupakan kelanjutan dari program pemberian obat filariasis yang diberikan setiap tahun, selama lima tahun. Adapun obat yang diberikan berupa tablet kunyah, dengan sasaran anak usia 1 tahun sampai 12 tahun.

“Petugas kami akan mendatangi sekolah PAUD, TK/RA, SD/MI untuk memberikan obat cacing. Sasaran lainnya adalah Posyandu, namun ini diberikan langsung oleh kader dengan pengawasan dari petugas Puskesmas,” jelasnya.

Flovira menambahkan, dengan mengonsumsi obat cacing, anak-anak dapat terhindar dari penyakit cacingan. Dengan begitu, diharapkan tumbuh kembang anak bisa lebih optimal.

“Cacingan berpengaruh terhadap pertumbuhan anak, karena sifat cacing itu memakan nutrisi dalam tubuh. Akibatnya dapat menyebabkan anak kekurangan gizi dan terjadi stunting, karena pertumbuhan yang kurang baik. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat menekan angka anak yang mengalami penyakit cacingan,” tandas Frovira. (Wahyu Gondrong)

53 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY