Perda Tata Ruang Wilayah Ditarget Rampung Akhir Tahun 2018

0
15

www.depoktren.com–Pemerintah Kota (Pemkot) Depok terus berupaya menyelesaikan permasalahan terkait Peraturan Daerah (Perda) Kota Depok Nomor 1 Tahun 2015 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RT-RW) yang digugat ke Mahkamah Agung (MA). Penyelesaian Perda RT-RW ditargetkan rampung pada bulan Desember 2018.

“Untuk itu, kami upayakan pada bulan November dan Desember ini persoalan hukum terkait dengan Perda RT-RW harus selesai,” ujar Wali Kota Depok, Mohammad Idris, saat menghadiri acara Syukuran Pilot Proyek Panen Padi Organik Sawah Haji Bonen di RT 03 RW 10, Kelurahan Cilangkap, Kamis (4/10/2018).

Menurut Idris, melalui Perda RT-RW, pada tahun 2015 Pemkot Depok telah menetapkan lahan-lahan kosong sebagai lahan pertanian. Dengan total luas sekitar 700 hektar yang tersebar di 11 Kecamatan.

“Sejak tahun 2008 sudah dilakukan kajian terkait Perda RT-RW dan pada tahun 2013 dilakukan revisi. Kemudian pada tahun 2015, Pemkot Depok menetapkan sekitar 700 hektar lahan kosong sebagai lahan pertanian yang dimasukan dalam Perda RT-RW,” tuturnya.

Dia menambahkan, untuk mempertahankan lahan pertanian di Kota Depok dibutuhkan kepedulian semua stakeholder. Mulai dari pemerintah, masyarakat, hingga pengusaha.

“Kalau pemerintah dan masyarakat tidak peduli, lahan pertanian kita bisa berkurang hingga nol persen. Sebab, lahan pertanian yang ada saat ini adalah lahan hak privat yang dimiliki oleh perusahaan,” tambah dia. (Wahyu Gondrong)

15 total views, 2 views today

LEAVE A REPLY