Sebanyak 293 Anak di RW 06 Kalibaru Diberi Obat Cacing

0
69

www.depoktren.com–Sebanyak 293 anak dan balita di RW 06 Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilodong mendapatkan Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM) kecacingan. Hal tersebut sebagai upaya mencegah cacingan pada anak agar tumbuh kembang anak dapat optimal.

“Cacingan berpengaruh terhadap pertumbuhan anak karena sifat cacing yang memakan nutrisi dalam tubuh. Akibatnya anak kekurangan gizi dan terjadi stunting sebab pertumbuhannya kurang baik,” ujar Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Cilodong, Ambar Wijajanti saat menghadiri pencanangan POPM Kecacingan di Posyandu Rose 1, RW 06 Kelurahan Kalibaru, Selasa (2/10/2018).

Menurut Ambar, sasaran pemberian obat cacing tersebut bagi anak balita, pra sekolah, dan usia sekolah. Untuk usia anak mulai dari 12 bulan hingga 12 tahun.

“Pemberian obat cacing ini nanti akan dilakukan tidak hanya di Posyandu, tetapi juga di TK, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), dan SD,” terangnya.

Sementara itu, Ketua RW 06 Kelurahan Kalibaru, Achmaludin mengapresiasi adanya kegiatan tersebut. Menurutnya, dengan pemberian obat cacing dapat mencegah anak dari cacingan yang berdampak pada pertumbuhannya.

“Anak sebagai aset bangsa perlu untuk mendapatkan perhatian dari seluruh pihak dalam menjamin kesehatannya. Dengan generasi yang sehat akan mempercepat kemajuan suatu bangsa,” tuturnya.

Dia berharap, dengan kegiatan kesehatan tersebut dapat terus diadakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok. Sebab, kegiatan kesehatan itu dapat mewujudkan Depok sebagai kota sehat yang bebas dari cacingan.

“Kegiatan ini kami harapkan terus digalakan. Tidak hanya pemberian obat cacing, namun juga kegiatan lainnya seperti imunisasi dan pemberian obat kaki gajah,” harap Achmaludin. (Wahyu Gondrong)

69 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY