Smesco Kerjasama dengan FamilyMart Pasarkan Produk UMKM

0
54

www.depoktren.com–Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (LLP-KUKM) bekerja sama dengan PT Fajar Mitra Indah membuka jaringan retail waralaba, FamilyMart di gedung Smesco Indonesia. Direktur Utama Emilia Suhaimi mengatakan FamilyMart akan memfasilitasi penjualan produk 90 UMKM di toko milik waralaba tersebut.

Emilia menyatakan pihaknya menyambut baik kerja sama dengan convenience store modern, karena UMKM saat ini masih sulit mengakses pasar. Padahal UKM adalah tulang punggung ekonomi dengan jumlahnya mencapai 69 juta usaha. Selain itu juga berkontribusi terhadap PDB kurang lebih 62 persen dengan menyumbang angkatan tenaga kerja 96 persen diserap UMKM.

“FamilyMart menyediakan tiga gondola untuk 90 UMKM, tiap UMKM 5 pieces yang artinya ada 450 pieces barang UMKM,” tutur dia usai pembukaan FamilyMart di Smesco Indonesia, Senin (1/10/2018).

Emilia mengatakan pihaknya berupaya menyeleksi UMKM yang siap masuk ke pasar. Tak hanya produk namun juga kontinuitas serta kemasannya arus baik. LLP-KUKM juga akan melakukan evaluasi tiap bulan bagi produk UMKM makanan minuman yang masuk FamilyMart.

Emilia berharap kerjasama di toko FamilyMart ke 104 ini akan diikuti dengan toko lainnya. Khususnya empat toko FamilyMart di Bandara Soekarno Hatta. Saat ini sudah ada 9 paviliun provinsi yang difasilitasi produknya bergabung di FamilyMart, yaitu Banten, Jawa Timur, Jakarta, Jawa Barat, Lampung, Sumatera Barat, Riau, Jambi dan Babel.

“UKM dapat memanfaatkan dan belajar mengembangkan usaha dalam bisnis retail lebih kritis dan kreatif, serta mampu mengadopsi berbagai hal yang berkaitan dengan teknologi dan gaya hidup terbaru,” ujar Emilia.

CEO FamilyMart Indonesia Wirry Tjandra,  mengungkapkan pihaknya murni karya anak bangsa, di mana penjualannya 100 persen produk halal yang berasal dari UKM Tanah Air. Upaya ini, imbuhnya, sebagai upaya perusahaan Wings Grup dalam turut membantu mengembangkan UKM yang ada di Indonesia.

“Ini merupakan pilot project, bila berhasil dan saya yakin berhasil kami juga akan mengikutsertakan produk UMKM di empat toko di Bandara,” tutur dia.

General Manager Operasional Family Mart Gunung Tjaja Putra menjelaskan, FamilyMart juga menyediakan ‘Familymart Tapcash’. Kartu e-money ini mempunyai banyak kelebihan antara lain diskon 10 persen untuk semua produk di toko FamilyMart, poin berhadiah yang bisa ditukarkan dengan voucher belanja senilai Rp50000, alat pembayaran transportasi umum (Commuter, Bis TransJakarta, MRT), alat pembayaran di tol, dan alat pembayaran di FamilyMart mobile app.

“Kami berharap kemitraan ini berjalan dengan baik, bukan hanya saat ini tapi juga ke depan dan dapat meningkatkan kunjungan ke gedung Smesco Indonesia,” harap Gunung. (Supri)

54 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY