Dinkes Depok, Beri Edukasi Kesehatan Bagi Ibu Hamil

0
20

www.depoktren.com–Upaya menurunkan angka kematian ibu dan bayi terus dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok. Salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan menjalin sinergitas bersama lintas sektor di setiap wilayah, serta memberikan pelayanan kesehatan dasar bagi ibu hamil.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Ernawati mengatakan, kecamatan dan kelurahan sebagai salah satu komponen lintas sektor di wilayah punya peran besar untuk menekan angka kematian ibu dan bayi. Kecamatan dam kelurahan dapat melakukan pendekatan pemberdayaan masyarakat dan memberikan edukasi terkait kesehatan bagi ibu hamil.

“Kecamatan dan kelurahan bisa bersinergi dengan para kader Pemberdayaan Kesejahteraan Kelurarga (PKK) untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat termasuk ibu hamil,” ujar Ernawati, Selasa (25/9/2018).

Menurut Ernawati, selain lintas sektor, pelayanan kesehatan dasar seperti puskesmas, praktik bidan mandiri maupun rumah sakit juga harus menjalin sinergitas dalam meningkatkan pelayanan. Rumah sakit harus siap menerima rujukan dari puskesmas maupun bidan praktik mandiri.

Terakhir, dirinya berharap dengan sinergitas dari lintas sektor dan pelayanan kesehatan dapat meminimalisir angka kematian ibu dan bayi di Kota Depok. Sebab, dalam menanggulanginya diperlukan wawasan yang luas mengenai kesehatan ibu saat hamil.

“Semoga ibu hamil dan semua pelayanan kesehatan dapat mendeteksi secara dini permasalahan yang dihadapi ibu hamil. Upaya deteksi dini itu agar nantinya saat melahirkan tidak beresiko,” pungkas Ernawati. (Aris)

20 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY