Kebangkan Wisata, Disporyata Depok akan Bangun Dermaga Air di Situ Rawa Kalong

0
45

www.depoktren.com–Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporyata) Kota Depok akan membangun satu dermaga air di Situ Rawa Kalong yang berada di Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis.

Rencananya pembangunan akan dilakukan pada Oktober-November 2018.

Kepala Bidang Kebudayaan dan Pengembangan Kepariwisataan Disporyata Kota Depok, Yelis Rosdiana mengatakan, untuk pembangunan dermaga tersebut, segala rekomendasi, perizinan, dan anggaran telah siap. Karena itu, pihaknya kini tinggal menunggu waktu untuk memulai pembangunan.

“Namun, tetap semua harus sesuai prosedur tidak boleh tergesa-gesa. Agar pembangunan dermaga lancar tidak merusak ekosistem di situ,” kata Yelis, Sabtu (22/9/2018).

Menurut Yelis, uuntuk tahun ini, Disporyata sudah merencanakan untuk melakukan pengembangan wisata mulai dari pemeliharaan situ, pembangunan dermaga pada situ dan sungai. Khususnya untuk Situ Rawa Kalong dengan pembangunan dermaganya.

“Kami lihat kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Situ Rawa Kalong sangat aktif memperkenalkan potensi wisatanya. Hal itu juga membuat Disporyata mendukung. Terlebih, pembangunan fasilitas ini dilakukan guna menyukseskan Peraturan Daerah (Perda) Pariwisata Kota Depok Nomor 16 Tahun 2013 tentang Kepariwisataan dan Sapta Pesona Indonesia Year Pokdarwis Situ Rawa Kalong,” terangnya.

Dia menambahkan, secara perlahan Kota Depok akan terus melakukan pengembangan potensi wisata situ yang sudah dimiliki. Caranya adalah dengan melakukan pembangunan, serta pemeliharaan sarana sekaligus melakukan pembinaan dengan semua Pokdarwis.

“Intinya pemerintah berupaya memenuhi fasilitasnya, namun tanggung jawab warga adalah untuk menjaga. Jadi komitmen harus juga dibangun sedini mungkin,” tandas Yelis. (Aris)

45 total views, 2 views today

LEAVE A REPLY