Sebanyak 1.384 RTLH di Rehab

0
8

www.depoktren.com–Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disrumkim) Pemeritah Kota (Pemkot) Depok, pada 2018 akan merehab sebanyak 1.384 Rumah Tak Layak Huni (RTLH) di 11 Kecamatan yang ada di Kota Depok. 

“Pada tahun ini, kami akan segera lakukan rehab sebanyak 1.384 RTLH,” kata Kepala Disrumkim, Dudi Miraz, Minggu (16/9/2018).

Diutarakan Dudi, sebanyak 1.384 RTLH yang akan di rehab di 11 kecamatan yakni 125 RTLH di Kecamatan Beji, 108 RTLH di Kecamatan Pancoran Mas, 63 RTLH di Kecamatan Cipayung, 69 RTLH di Kecamatan Sawangan, 117 RTLH di Kecamatan Limo, 46 RTLH di Kecamatan Cinere.

Lalu sebanyak 220 RTLH di Kecamatan Bojongsari, 99 RTLH di Kecamatan Sukmajaya, 137 RTLH di Kecamatan Cilodong, 225 RTLH di Tapos, dan 114 RTLH di Kecamatan Cimanggis. “Anggaran untuk rehab satu unit RTLH sebesar Rp 15 juta,” terangnya.

Kepala Puskesmas Ratujaya, Kecamatan Cipayung, Frovira Brilyandini mengatakan, ada sebanyak 30 calon penerima bantuan rehab RTLH di lokasi program Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS). 

“Para penerima bantuan RTLH mendapat sosialisasi terkait rumah sehat agar warga paham Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),” ungkapnya

Frovira mengatakan, secara umum kondisi rumah calon penerima RTLH belum mencakup rumah sehat. Untuk itu beberapa syarat rumah sehat disosialisasikan, di antaranya tersedia air bersih, tersedia kamar mandi dan jamban, tersedia saluran pembuangan limbah, septic tank, tidak padat penghuni, ventilasi dengan pencahayaan yang cukup, serta bangunan yang kokoh.

“Kami sampaikan bahwa rumah yang sehat wajib memiliki ventilasi agar pencahayaan yang masuk ke dalam rumah dipastikan cukup, jamban penuhi kriteria dengan jarak sumber air bersih sepanjang 10 meter,” tuturnya. 

Maulana, seorang warga Kecamatan Cipayung yang mendapat bantuan dana RTLH mengaku senang memiliki rumah yang layak dan sehat. “Ya, senang. Saya berharap segera terwujud,” terangnya (Aris)

8 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY