Depok Bangun Ipal Komunal 

0
9

www.depoktren.com–Warga pra sejahtera di Depok menyambut gembira rencana Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disrumkim) yang akan membangun sejumlah Instalasi Pembangunan Air Limbah (IPAL) komunal di pemukiman padat penduduk.

“Pembangunan IPAL komunal ter agar bisa meringkankan beban warga yang belum memiliki septictank di pemukiman padat penduduk,” ujar Kepala Disrumkim Kota Depok, Dudi Mi’raz, Minggu (16/9/2018).

Menurut Dudi, pembangunan IPAL, merupakan upaya pemerintah untuk mewujudkan program 100-0-100. Artinya menyediakan 100 persen akses air bersih bagi masyarakat, mengurangi kawasan kumuh hingga 0 persen dan 100 persen sanitasi layak.

“Pembangunan IPAL komunal menggunakan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik. Diharapkan dengan pembangunan IPAL komunal, ke depan dapat mewujudkan Depok sebagai kota yang sehat, nyaman dan bebas kumuh,” harapnya.

Diutarakan Dudi, saat ini masih tahap sosialisasi. Jika IPAL komunal sudah terbangun, bisa menampung 30 sampai 40 kepala keluarga (KK). “Kami juga berharap ada peran serta masyarakat untuk mewujudkan IPAL komunal,” tegasnya.

Koordinator Badan Keswadayaan Masyarakat Kelurahan Cipayung, Depok, Sobari mengatakan, menyambut gembira adanya program pembangunan IPAL komunal. “Kami siap membantu untuk mewujudkan kawasan yang bersih dan sehat. Tentu kami sambut gembira,” terangnya. (Aris)

9 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY