Diperiksa 15 Jam, Nur Mahmudi Tidak Ditahan

0
119

www.depoktren.com–Setelah 15 jam jalani pemeriksaan, mantan Wali Kota Depok, Nur Mahmudi Ismail akhirnya keluar dari ruangan penyidik Tipikor Satreskrim Polresta Depok, Kamis (13/9/2018) sekitar pukul 23.30 WIB.

Nur Mahmudi meminta pengawalan ketat dari pihak kepolisian untuk bisa keluar dati hadangan puluhan wartawan nasional maupun lokal yang telah menunggu sejak pagi.

Nur Mahmudi terlihat gontai berjalan di lorong ruangan Satreskrim menuju parkiran. Berbagai pertanyaan dilontarkan wartawan namun Wali Kota Depok dua periode tersebut hanya bisa tersenyum kecut dan cengegesan.

“Ya nanti saja, langsung ke pengacara saya ya,” ucap Nur Mahmudi singkat dan berusaha menerobos hadangan wartawan menuju kendaraan Toyota Inova warna hitam miliknya.

Kuasa hukum petinggi PKS itu, Iim Abdul Halim menegaskan pihaknya telah mengeluarkan permohonan penangguhan penahanan. “Ya, Alhamdulilah, penangguhan penahanannya dikabulkan penyidik,” tegasnya.

Iim menyebutkan, alasan penyidik kepolisian tidak menahan Nur Mahmudi karena menyatakan kesiapannya untuk kooperatif. “Ya, Pak Nur menyatakan juga siap dipanggil kapan saja,” tegasnya.

Iim juga menyampaikan pertanyaan wartawan terkait kemungkinan adanya tersangka lain dari pejabat terkait dan para anggota DPRD Depok. “Silahkan tanya penyidik,” terangnya.

Nur Mahmudi ditetapkan tersangka bersama mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkot Depok, Harry Prihanto karena korupsi kasus proyek fiktif pembebasan lahan dan pembangunan Jalan Nangka, Kecamatan Tapos, Depok dengan kerugian keuangan negara sebesar Rp 10,7 Miliar.

Proyek tersebut diduga dobel anggaran yakni berasal dari kompensasi perijinan pembangunan Apartemen Green Lake View Depok dan anggaran berasal dari APBD 2015 sebesar Rp 17 Miliar.

Aparat Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polres Depok mencium aroma korupsi di proyek tersebut dan melakukan penyelidikan sejak Nopember 2017. Lalu kedua mantan pejabat tersebut ditetapkan tersangka pada 20 Agustus 2018. (Aris/Papi Ipul)

119 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY