Disdik Depok Tegaskan Lima Persen BOS APBN untuk Peningkatan Literasi

0
7

www.depoktren.com–Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok menegaskan sekolah bisa memanfaatkan lima persen dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk peningkatan program literasi.

Salah satunya, bisa dimanfaatkan untuk operasional perpustakaan sekolah.

“Terkait peningkatan literasi, sekolah bisa memanfaatkan dana BOS APBN sebesar lima persen. Di antaranya untuk pembelanjaan penambahan fasilitas, seperti buku bacaan,” ujar Kepala Disdik Kota Depok, Mohammad Thamrin, Senin (10/9/2018).

Menurut Thamrin, pencairan dana BOS APBN tidak diturunkan langsung 100 persen, tetapi melalu empat kali termin. Yaitu 20 persen, 40 persen, 20 persen, dan 20 persen. “Pengalokasian untuk buku-buku pengayaan adanya di termin kedua, yang 40 persen,” terangnya.

Thamrin mengutarakan, pengadaan perpustakaan bergantung pada kepiawaian di manajemen sekolah tersebut. Apabila tidak ada lagi ruangan kosong, imbuhnya, sekolah bisa menyiasatinya dengan pojok bacaan di setiap kelas atau koridor.

Sementara itu, Kepala SD Negeri 21 Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya, Nana Marlina menegaskan, pihaknya sangat konsen dengan peningkatan minat baca pada para pelajar. Terkait dana lima persen tersebut, akan digunakan pihaknya untuk menambah buku-buku bacaan.

“Alhamdulillah, koleksi bacaan kami cukup banyak, sekitar 1000 buku. Jumlah ini, di luar buku-buku pelajaran atau pengayaan untuk murid dan guru,” tandasnya. (Aris)

7 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY