Puskesmas Cipas akan Gelar Pemeriksaan Pap Smear Gratis

0
95

www.depoktren.com–Puskesmas Cisalak Pasar (Cipas) di Kecamatan Cimanggis akan menggelar pemeriksaan pap smear gratis bagi 200 warga yang menjadi peserta BPJS Kesehatan. Pasalnya, kegiatan tersebut digelar atas kerjasama Puskesmas Cisalak Pasar dengan BPJS Kesehatan.

Kepala Puskesmas Cisalak Pasar, Winarni Naweng Triwulandari mengatakan, pemeriksaan pap smear dilakukan sebagai upaya dalam melakukan deteksi dini kanker serviks.  Terlebih, kanker ini merupakan penyebab kematian nomor dua setelah kanker payudara yang menyerang wanita.

“Saat ini kasus kanker serviks makin meningkat, maka perlu dilakukan berbagai upaya salah satunya dengan pemeriksaan pap smear,” ujar Winarni, Senin (10/9/2018).

Menurut Winarni, pemeriksaan akan dilakukan pada 15 September 2018 di ruang tindakan kesehatan ibu dan anak (KIA) Puskesmas Cisalak Pasar. Untuk pendaftaran dapat dilakukan hingga tanggal 12 September 2018 dengan menghubungi Bidan Sri di nomor 081585093610.

Adapun persyaratan yang harus dipenuhi antara lain wanita yang sudah menikah dan pernah melakukan hubungan seksual. Kemudian, terdaftar kepesertaan BPJS Kesehatan atau KIS, membawa fotokopi KTP dan kartu BPJS Kesehatan, tidak sedang hamil, tidak melakukan hubungan seksual selama 24 jam sebelumnya.

Selain itu, perempuan yang ingin melakukan Pap smear juga tidak mencuci dengan cairan vagina 48 jam sebelum pemeriksaan, tidak sedang menstruasi, serta belum pernah melakukan pemeriksaan pap smear.

Terakhir, Naweng mengimbau perempuan di Depok untuk memanfaatkan layanan pemeriksaan tersebut. Sebab, dalam pemeriksaan peserta tidak dikenakan biaya atau gratis.

“Manfaatkan kesempatan ini demi kesehatan diri kita sendiri,” pungkas Winarni. (Aris)

96 total views, 2 views today

LEAVE A REPLY