Kelurahan Jatimulya Miliki Sembilan RW Ramah Anak

0
38

www.depoktren.com–Dukungan Depok sebagai Kota Layak Anak (KLA), Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Cilodong terus berupaya menambah jumlah RW Ramah Anak. Saat ini RW Ramah Anak sudah terbentuk di sembilan RW yang terdapat di wilayah kelurahan tersebut.

“Alhamdulillah hingga sekarang RW Ramah Anak telah terbentuk di semua RW. Diantaranya RW 01, RW 02, RW 03, RW 04, RW 05, RW 06, RW 07, RW 08, dan RW 09,” ujar Lurah Jatimulya, Ma’roep Sabtu (1/9/2018).

Menurut Ma’roep, dari sejumlah RW Ramah Anak tersebut selain dilengkapi dengan berbagai fasilitas bermain bagi anak, juga terdapat berbagai program kegiatan. Diantaranya, pemilahan sampah, pembuatan kampung agro, dan pembuatan kerajinan tangan dari bahan daur ulang.

“Misalnya di RW 06 ada kegiatan pemilahan sampah, menanam sayuran dengan cara hidroponik hingga membuat berbagai kerajinan dari bahan daur ulang. Kemudian, di RW 02 ada peternakan lele,” terangnya.

Dia menambahkan, pembentukan RW Ramah Anak sebagai salah satu bentuk pemenuhan hak anak karena terdapat lima indikator dalam pembentukannya. Pertama, pemenuhan hak sipil dan kebebasan. Kedua, lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif. Ketiga, kesehatan dan kesejahteraan dasar. Keempat, pendidikan, pemanfaatan waktu luang, dan kegiatan budaya. Kelima, perlindungan khusus.

“Kami harapkan dengan terbentuknya RW Ramah Anak juga dapat meminimalisir berbagai kasus terhadap anak seperti kekerasan dan eksploitasi anak. Jika ada kekerasan terhadap anak, kami harapkan masyarakat segera laporkan,” terangnya. (Aris)

38 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY