Depok Latih 100 Kader Poktan PKDRT

0
32

www.depoktren.com–Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok melatih 100 kader Kelompok Kegiatan (Poktan) Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (PKDRT).

Pelatihan kali ini menghadirkan peserta dari 6 kelurahan yang berasal dari Kecamatan Cimanggis dan Tapos.

Sekretaris DPAPMK Kota Depok, Erry Sriyanti mengatakan, DPAPMK ingin membekali kader Poktan KDRT apabila ada kejadian khususnya KDRT di lingkungan masing-masing, mereka sudah mengetahui penanganannya.

Jika penangangannya masih bersifat ringan, lanjut Erry, bisa ditangani sendiri oleh kader yang sudah terlatih.

“Ke depan mereka harus bisa memberikan penyuluhan, dan kemudian juga memberikan informasi atau edukasi kepada masyarkat supaya lebih tangguh memberdayakan masyarakat, menghindari hal-hal seperti kasus yang ada di keluarga,” ujar Erry, usai membuka Workshop Poktan PKDRT dan Human Trafficking di Aula Lantai 1 Balai Kota Depok, Rabu (8/8/2018).

Menurut Erry, kader Poktan PKDRT ini memiliki fungsi untuk memonitor dan memetakan kondisi rumah tangga yang ada wilayahnya. Kemudian, kader akan mengidentifikasi potensi KDRT di sekitar lingkungannya tersebut.

“Melalui pelatihan PKDRT ini saya berharap semua pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan oleh satgas PKDRT dan human trafficking dapat terakomodir, sehingga dapat menjadi acuan dalam melaksanakan tugas di lapangan,” pungkasnya. (Aris)

32 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY