Puskesmas Cilodong Raih Penghargaan Pelayanan Ramah Anak Terbaik

0
58

www.depoktren.com–Puskesmas Cilodong berhasil meraih penghargaan dengan predikat Pelayanan Ramah Anak Terbaik tingkat nasional pada Anugerah Kota Layak Anak (KLA) tahun 2018.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Yohana Yembise di Dyandra Convention Center, Surabaya, Senin (23/7/2018) lalu.

“Alhamdulilah, ini merupakan hasil kerja keras dari seluruh pihak dalam mewujudkan Puskemas Cilodong sebagai Puskesmas ramah anak. Mudah-mudahan penghargaan ini menjadi penyemangat untuk tetap melaksanakan program ramah anak,” ujar Kepala UPT Puskesmas Cilodong, Ambar Wijajanti, Ahad (29/7/2018).

Ambar mengatakan, untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Puskesmas sebagai pusat kesehatan bagi masyarakat, UPT Puskesmas Cilodong, sejak 2017 telah menyiapkan berbagai sarana dan prasarana untuk anak. Diantaranya, pojok bermain anak, pojok baca, ruang laktasi, dan ruang konseling anak.

“Selain itu kita juga punya dua kegiatan inovasi yang mungkin belum dilakukan oleh orang lain yaitu mengembangkan aplikasi Sistem Informasi Mandiri dan Waspada Masyarakat (SI MAWAS) guna mendeteksi dini dan memudahkan pelaporan penyakit masyarakat secara lebih cepat. Kemudian kita juga memiliki Posyandu Remaja (Posmaja) yang saat ini sudah terbentuk sebanyak 15 Posmaja,” jelasnya.

Menurut Ambar, ke depan UPT Puskesmas Cilodong juga berencana mendirikan taman bermain ramah anak dan pengembangan terhadap Posmaja beserta kegiatannya. Semua itu diharapkan mampu mendukung terwujudnya Depok sebagai Kota Layak Anak.

“Untuk membuat taman ramah anak kami berencana mengadeng perusahan melalui Coorporate Social Responsiblity (CSR) atau bantuan lainnya. Sementara untuk Posmaja kami harapkan semakin bertambah dengan dukungan anggaran dan kebijakan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Depok,” tuturnya. (Aris)

58 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY