Designer Muda Asal Depok Berkiprah Dikancah Dunia

0
85

www.depoktren.com–Sekolah mode ternama di Milan Nuova Accademia di Belle Art (NABA) Milano kembali menggelar perhelatan fashion show kelas dunia bagi para desainer muda berbakat pada 22 Juni 2018 lalu.

Desainer yang terlibat berasal dari berbagai negara seperti, Turki, China, Italia, India, Iran, Brazil, dan Indonesia.

Al Khansa Shalihah adalah satu-satunya peserta dari Indonesia yang terpilih untuk ikut dalam ajang fashion show tersebut. 

Terpilihnya Khansa, nama panggilan akrabnya berdasarkan penilaian para profesor fashion di NABA Institute karena bakat dan kemampuannya dalam bidang desain sehingga sangat pantas mendapat tempat diajang pentas dunia tersebut.

Khansa dengan brand ALKHANSAS menampilkan koleksi terbarunya, yaitu Spring Summer Collection, yang mengangkat tema besar keindahan Batik Nusantara.

Desain kain-kain tradisional batik akan ditampilkan ALKHANSAS dengan berbagai ragam dan variasi desain. Mengombinasikan antara siluet tradisional pakaian Indonesia dengan gaya kontemporer. 

Warna cerah dan meriah menjadi pilihan ALKHANSAS. Namun dengan tetap menomorsatukan kenyamanan dalam pilihan bahannya. Hal tersebut ditunjukkan dengan perpaduan kain batik dan kain bertekstur elegan seperti satin silk dengan jenis kain tech.

Gaun rancangan Khansa terlihat penuh permainan pola. Namun, mampu menghasilkan cita rasa yang indah.

“Metode yang saya gunakan dalam membuat pola pakaian menyerupai teori membuat alunan musik yang pernah diusung oleh musisi Amerika, John Cage sejak tahun 1951. Cage menyusun musiknya dengan menggunakan proses ‘kebetulan’ (by chance). Saya pun melakukan teknik serupa. Namun, saya mengombinasikannya dengan teknik pola klasik fashion Italia,” ujar Khansa, Ahad (8/7/2018)

Selain penggunaan kain batik yang menjadi ciri khas desainnya, sebagian besar model yang mengenakan baju ALKHANSAS pun menggunakan hijab.

“Model yang mengunakan hijab sebagai salah satu hal yang menurut saya juga menarik untuk diperkenalkan kepada masyarakat Eropa,” terang Khansa yang merupakan jebolan ajang Abang Mpok Depok 2011 ini.

Dalam ajang fashion show kali ini akan ditampilkan koleksi ALKHANSAS mulai dari long dress elegan dan feminin yang diberi sentuhan sporty. Dilanjutkan dengan baju-baju yang mengombinasikan kain batik, dan ditutup dengan dress asimetri yang terinspirasi dari fashion Italia pada abad ke-18.

Melalui ajang fashion show kelas dunia, Khansa ingin memperkenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat
Internasional.

“Ketika Batik sudah diakui sebagai warisan budaya dunia, maka kini saatnya batik melenggang di ajang fashion dunia” tutur Khansa yang sebentar lagi menyelesaikan studi fashion design-nya di Milan, Italia. (Papi Ipul/Aris)

85 total views, 3 views today

LEAVE A REPLY