Puskesmas Bojongsari Rutin Dampingi Pasien TBC

0
69

www.depoktren.com–Penyakit tuberkulosis (TBC) merupakan penyakit yang berbahaya dan mematikan, namun bisa disembuhkan jika pasien minum obat secara teratur. Agar pasien TBC tetap semangat minum obat sampai sembuh, Puskesmas Bojongsari menugaskan Pendamping Minum Obat (PMO) yang bertugas memotivasi pasien untuk rutin minum obat.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Bojongsari, Muhammad Salman mengatakan, saat ini setidaknya ada 22 orang pasien TBC yan sedang menjalankan pengobatan di Puskesmas Bojongsari. Dari jumlah itu, setidaknya 22 orang PMO juga aktif mendampingi pasien guna memastikan pasien rutin minum obat, maupun mengingatkan pasien untuk kontrol berobat ke Puskesmas.

“Dari 22 kader PMO itu selalu mengingatkan pasien TBC untuk menuntaskan pengobatannya, hingga benar-benar sembuh,” ujar Salman saat ditemui di Puskesmas Bojongsari, Jumat (6/7/2018).

Menurut Salman, pengobatan tuntas penyakit TBC dibutuhkan, agar pasien dapat sembuh total dan tidak mengalami kegagalan. Karena apabila gagal, kata Salman, kuman tuberkulosis bisa menjadi resisten sehingga membutuhkan biaya lebih besar untuk pengobatannya.

“Kegagalan pengobatan dalam TB dapat menyebabkan pasien menjadi resisten terhadap obat (MDR/Multi Drug Resistance), oleh karena itu peran PMO dibutuhkan penderita agar bisa sembuh sepenuhnya,” jelas Salman. (Aris)

69 total views, 2 views today

LEAVE A REPLY