Begini Cara Mencegah Chikungunya dan DBD

0
69

www.depoktren.com–Lurah Leuwinanngung, Syahruddin mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan. Upaya ini sebagai langkah pencegahan penyebaran penyakit chikungunya yang disebabkan oleh gigitan nyamuk aedes aegypti.

“Chikungunya adalah penyakit dari virus yang menyerang manusia melalui gigitan nyamuk aedes aegypti. Nyamuk ini berperan sebagai perantara ke dalam tubuh yg dijangkiti sehingga insan yg diserang bisa terkena Demam Berdarah Dengue (DBD),” ujar Syahruddin, Sabtu (7/7/2018).

Menurut Syahruddin, terdapat beberapa langkah pencegahan penyebaran penyakit chikungunya yang dapat dilakukan. Diantaranya dengan menerapkan gerakan 3 M yaitu menguras bak penampungan air, mengubur barang-barang bekas, dan menutup tempat penampungan air.

“Untuk itu kami imbau kepada warga untuk rutin mengecek bak mandi di rumah masing-masing termasuk cek kolam Ikan untuk dikuras guna menghilangkan jentik-jentik nyamuk yang bersarang dan bertelur,” jelasnya.

Dia mengajak warga untuk secara rutin menjaga kebersihan lingkungan. Langkah tersebut untuk mencegah penyebaran penyakit chikungunya dan DBD.

“Mari kita giatkan gerakan bersih-bersih lingkungan karena mencegah itu lebih baik daripada mengobati,” imbuh Syahruddin. (Herry)

69 total views, 2 views today

LEAVE A REPLY