Puskesmas Ratujaya Bertekad Penuhi 12 Indikator Keluarga Sehat

0
55

www.depoktren.com–Puskesmas Kelurahan Ratujaya bertekad memenuhi 12 indikator keluarga sehat. Pemenuhan ini dilakukan melalui Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) yang rencananya akan segera berjalan.

“Untuk mewujudkan keluarga sehat, ada 12 indikator yang harus terpenuhi. Kami di sini, sudah memiliki target untuk itu. Salah satu caranya dengan melakukan upaya promotif dan preventif, saat melakukan kunjungan ke rumah-rumah warga,” ujar Kepala Puskesmas Ratujaya, Frovira Brilyandini, usai kegiatan sosialisasi PIS-PK, di Aula Puskesmas Ratujaya, Kamis (5/7/2018).

Adapun ke-12 indikator tersebut meliputi, keluarga mengikuti Keluarga Berencana (KB), ibu bersalin di Fasilitas Kesehatan (Faskes), bayi mendapat imunisasi dasar lengkap, bayi diberi ASI esklusif selama enam bulan, dan pertumbuhan balita dipantau setiap bulan.

“Selain itu, untuk pengendalian penyakit menular dan tidak menular, indikator yang harus dipenuhi seperti penderita TB paru berobat sesuai standar, penderita hipertensi berobat teratur dan gangguan jiwa tidak ditelantarkan,” jelasnya.

Indikator lainnya, lanjutnya, tidak ada anggota keluarga yang merokok, keluarga mempunyai akses terhadap air bersih, keluarga mempunyai akses atau menggunakan jamban sehat, serta sekeluarga menjadi anggota Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

“Kami akui yang paling sulit adalah menekan anggota keluarga yang masih merokok. Namun kami yakin, dengan pendekatan petugas kami nanti, anggota keluarga tersebut mengerti. Minimal, mereka tidak merokok di depan anggota keluarga lain agar tidak menyebarluaskan efek negatif dari asap yang dihasilkan,” pungkas Frovira. (Riki Satura)

55 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY