Metrologi Depok Gelar Sidang Tera Alat Ukur Timbang

0
75

www.depoktren.com–Wujudkan Pasar Cisalak sebagai pasar tertib ukur, Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Metrologi Kota Depok melakukan sidang tera terhadap alat Ukur, Takar, Timbang dan Perlengkapannya (UTTP).

Sidang tera tersebut dilakukan selama tiga hari sejak tanggal 3-6 Juli mendatang.

“Seluruh UTTP yang digunakan oleh para pedagang di pasar ini akan kami lakukan sidang tera. Sidang tera ini untuk memastikan UTTP yang digunakan dalam kondisi baik agar tidak ada pihak yang dirugikan baik konsumen maupun pedagang,” ujar Kepala UPTD Metrologi Kota Depok, Sarmadi, Rabu (4/7/2018).

Sarmadi menjelaskan, hingga saat ini pihaknya telah menera sebanyak 20 UTTP di pasar tersebut. Sarmadi menyebutkan, UTTP yang dilakukan peneraan meliputi semua jenis alat ukur yaitu timbangan pegas, timbangan elektronik, timbangan meteran, dan literan baik literan kering maupun basah.

“Semua UTTP yang ada di sini akan kami sisir untuk dilakukan tera ulang. Setiap UTTP yang sudah ditera ulang akan dibubuhi tanda tera sah dengan diberi segel dan stiker yang berlaku selama satu tahun,” jelasnya.

Sarmadi menambahkan, selain melakukan sidang tera di Pasar Cisalak, pihaknya juga telah melakukan sidang tera di Pasar Sukatani. Hal itu dikarenakan Pasar Sukatani juga menjadi salah satu pasar tradisional yang dicanangkan sebagai pasar tertib ukur di tahun 2018.

“Sidang tera di pasar Sukatani sudah selesai kami lakukan pada tanggal 29 Juni dan 2 Juli kemarin. Ada 24 UTTP dan 30 anak timbangan yang sudah kita lakukan tera ulang,” tutur Sarmadi. (Riki Satura)

75 total views, 2 views today

LEAVE A REPLY