Sekarang Kalau Mau Rekrutmen Guru Honorer Harus Rekomendasi Disdik Depok

0
77

www.depoktren.com–Mulai 2018, proses rekrutmen guru honorer harus berdasarkan rekomendasi Dinas Pendidikan (Disdik) Depok.

“Hal itu merupaan upaya menciptakan guru-guru honorer yang berkompetensi di bidangnya. Biasa rekrutmen hanya dari kepala sekolah saja, tetapi sekarang wajib minta rekomendasi dinas. Nanti dinas akan melihat persyaratannya harus sesusai dengan undang-undang guru,” ujar Kepala Disdik Kota Depok, Muhammad Thamrin, Senin (2/7/2018).

Thamrin menjelaskan, selain rekomendasi dari Disdik, calon guru honorer akan mengikuti tes psikotes dan wawancara. Tes tersebut penting dilalui oleh calon guru honorer agar dapat diketahui karakter dari mereka.

“Guru honorer juga harus memiliki kepribadian dan karakter yang baik, karena akan menjadi teladan anak-anak di sekolah. Untuk saat ini memang masih terkendala anggaran, namun kami sudah ajukan  dalam Anggaran Biaya Tambah (ABT),” jelasnya.

Dia menambahkan, ada 100 guru Aparatur Sipil Negara (ASN) pensiun setiap tahun di Kota Depok. Hal itu menjadi pemicu dibukanya rekrutmen guru honorer di Depok.

Kendati demikian, ucapnya, dalam proses rekrutmen juga harus sesuai dengan ketentuan. Dikatakannya, saat ini terdapat 1.700 guru honorer di Kota Depok.

“Akan ada masa percobaan enam bulan  bagi guru honorer, baik yang baru dan yang sudah diangkat tetap akan menjalani serangkaian tes. Selain itu, guru honorer Sekolah Dasar (SD) negeri akan linier, jadi SDN hanya menerima lulusan PGSD, sedangkan SMPN sesuai dengan jurusan yang diperlukan,” pungkas Thamrin. (Aris)

77 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY